Pemberdayaan Limbah Cangkang Telur sebagai Pupuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Perumahan Bumi Jaya Indah

Authors

  • Fitri Aulia Rahmayan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Inne Marthyane Pratiwi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Limbah, Daur Ulang, Pupuk Cangkang Telur, Tanaman Obat Keluarga

Abstract

Telur menjadi salah satu bahan pangan sediaan yang banyak dikonsumsi masyarakat sehingga limbah cangkang telur melimpah. Upaya yang dapat dilakukan adalah daur ulang limbah organik menjadi pupuk. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat khususnya remaja di Perumahan Bumi Jaya Indah RT 38 Dawis 4 dan dapat mengoptimalkan limbah organik menjadi sesuatu yang bernilai. Metode pengabdian dilakukan melalui tahapan-tahapan diantaranya refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan dengan cara sosialisasi mengenai kandungan, manfaaat, pembuatan, dan pengaplikasian pupuk serbuk cangkang telur via online dan praktik langsung dalam pembuatan dan pengaplikasian pada tanaman obat keluarga (TOGA). Hasil menunjukkan bahwa dengan daur ulang limbah cangkang telur menjadi pupuk akan mengurangi limbah di lingkungan tersebut dan pemberian serbuk cangkang telur pada tanaman akan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Setelah kegiatan Sosialisasi dan Praktik ini, para remaja karang taruna mulai mensosialisasikan kepada masyarakat umum mengenai penanggulangan limbah rumah tangga dan masyarakat mulai mengumpulkan limbah-limbah organik untuk dijadikan sebagai pupuk sehingga sampah akan berkurang secara signifikan.

 

References

Rural Sub-Saharan Africa. Matern Child Nutr., XIV.

Brankov, M. S. (2016). The Response of Maize Lines to Foliar Fertilizing. Agriculture, X, 365.

Lertchunhakiat, K. &. (2016). Effect of Eggshell as a Calcium Source of Breeder Cock Diet on Semen Quality. Agriculture and Agricultural Science Procedia, XI, 137-142.

Nurjanah., R. S. (2017). Pengaruh Pemberian Tepung Cangkang Telur Ayam (Gallus gallus domesticus) terhadap Pertumbuhan Tanaman Caisim (Brassica juncea L.) dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Pendidikan IPA, I. Palembang.

Nurjayanti, Z. D. (2012). Pemanfaatan Tepung Cangkang Telur Sebagai Substitusi Kapur dan Kompos Keladi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Cabai Merah pada Tanah Aluvial. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian, I(1), 16-21.

Rahmadina. (2017). Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur, Kulit Bawang, Daun Kering melalui Proses Sains dan Teknologi sebagai Alternatif Penghasil Produk yang Ramah Lingkungan. Klorofil, I(1).

Rahmayanti, F. D. (2020). Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur Sebagai Pupuk Makro (Ca) pada Tanaman Bawang Merah. AGRISIA, XII(2).

Setiyaningsih, D. I. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur Menjadi Produk Mozaik dan Pupuk Organik di Wilayah Kampung Cerewed Kelurahan Duren Jaya Bekasi Timur. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Simajuntak, D. (2016). Pengaruh Tepung Cangkang Telur dan Pupuk Kandang Ayam Terhadap pH, Ketersediaan Hara P dan Ca Tanah Inseptisol dan Serapan P dan Ca Pada Tanaman Jagung. Jurnal Agroekoteknologi, IV(4).

Subroto, A. Y. (2005). Kesuburan dan Pemanfaatan Tanah. Malang: Bayumedia.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Rahmayan, F. A. ., & Pratiwi, I. M. . (2021). Pemberdayaan Limbah Cangkang Telur sebagai Pupuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Perumahan Bumi Jaya Indah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(36), 71–82. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/529

Issue

Section

Articles