Pemberdayaan Minat dan Bakat Kaum Muda dalam Berliterasi melalui Webinar dan Pengelolaan Blog

Authors

  • Alya Azzahra Furqon UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Inne Marthyane Pratiwi Ika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Minat, Bakat, Literasi, Webinar, Blog

Abstract

Dua tahun sudah sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, dalam kurun waktu itu banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya ialah perubahan dalam bidang pendidikan. Proses transfer ilmu yang pada awalnya dilaksanakan tatap muka secara langsung berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Jenjang pendidikan wajib yang notabenenya diisi oleh kaum muda yang sedang dalam tahap pencarian dan pengembangan minat bakat menjadi tersekat oleh sistem PJJ yang berlaku. Sejak pandemi mewabah, banyak anak-anak dan kaum muda yang kurang dan bahkan tidak lagi mengasah minat bakatnya, terkhusus dalam berliterasi. Kondisi ini dapat diupayakan agar mereka kembali melakukan aktifitas yang produktif serta dapat memberdayakan minat bakatnya dalam berliterasi. Oleh sebab itu penulis merancang suatu kegiatan untuk memberdayakan minat bakat kaum muda dalam berliterasi melalui Webinar Konten Kepenulisan. Dimana webinar ini menghasilkan kegiatan follow up, yaitu pengelolaan blog melalui BJI Berkarya. Tujuan dari kegiatan ini untuk 1) meningkatkan produktivitas kaum muda, dan 2) mengasah dan mengembangkan minat bakat kaum muda dalam berliterasi. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara online, melalui media Whats Apps, Google Meet dan Blog. Adapun hasil dari pelaksanaan webinar dan pengelolaan blog adalah meningkatnya kesadaran kaum muda dalam hal betapa pentingnya pengasahan minat dan bakat serta keterampilan dalam berliterasi. Melalui kegiatan webinar dan pengelolaan blog, diharapkan kaum muda dapat mengasah dan mengembangkan minat bakatnya dalam berliterasi khususnya di bidang kepenulisan.

 

References

Adawiyah, Robiatul. 2019. “Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa KelasVII MTs Negeri 8 Jakarta Dengan Media Video Wisata Daerah.” Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Arighi, Hendra. 2017. “Implementasi Penggunaan Blog Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMAN 34 Jakarta.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Durahman, Nanang dan Noer, Zeni Muhammad. 2019. “Aplikasi Seminar Online (Webinar) Untuk Pembinaan Wirausaha Baru.” Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA) 6(2): 111–20.

Genre, Forum Jawa Barat, BKKBN. 2021. “Overview: Tentang Kita Beraksi.”

Gogali, Venessa Agusta, Dkk. 2020. “Pemanfaatan Webinar Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-2019 ( Studi Kasus Webinar BSI Digination " How To Be A Youtuber And An Entrepreneur ").” Cakrawala-Jurnal Humaniora 20(2): 182–87.

Kemendikbud. 2016. Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa SMK. Jakarta.

Kimiaissa’adah, Nuzulia. 2019. “Implementasi Gerakan Literasi Membaca Dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Di TK IT Mutiara Hati Semarang.” Universitas Negeri Semarang.

Meliala, Robbikal Muntaha. 2021. “Pemberdayaan Komunikasi Literasi Dalam Berkarya Melalui Buku Format Digital Bagi Forum Wasilah 109.” Jurnal Solma 10(01): 155–64.

Pengembangan & Penerapan Teknologi Informasi. 2016. Modul Pelatihan Blog. https://www.dinamika.ac.id/upload/doc/Modul_V.2.5_-_2.pdf.

Qadim, Husnul. 2021. 148 Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Saryono, Djoko, Dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ulfa, Maria dan Saifuddin. 2018. “Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran.” Suhuf 30(1): 35–56.

Uyu, Mu’awwanah. 2018. “Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 317–30. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1352.

Wulandari, Amel. 2021. “Konten Kepenulisan.”

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Furqon, A. A. ., & Ika, I. M. P. . (2021). Pemberdayaan Minat dan Bakat Kaum Muda dalam Berliterasi melalui Webinar dan Pengelolaan Blog . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(36), 9–24. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/523

Issue

Section

Articles