Gerakan Pungut Sampah untuk Mengembangkan Kawasan Sadar Lingkungan demi Terwujudnya Desa Bersih Kampung Cibeusi

Authors

  • Siti Zakiah Arfi Haerani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heny Mulyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemilahan Sampah, Sadar Lingkungan

Abstract

Desa Cibeusi salah satu desa yang padat penduduk dengan pola konsumsi masyarakat yang berbeda hal ini menyebabkan semakin meningkat produksi sampah setiap harinya Selain daripada itu desa Cibeusi desa yang mempunyai kendala tidak adanya sarana pengelolaan sampah tujuan dari kegiatan gerakan pungut sampah (GPS) ini memberikan edukasi kepada masyarakat, dan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dan pemuda untuk sadar lingkungan, serta memberikan bekal agar dapat melakukan manajemen pemilihan sampah secara mandiri  terutama dalam hal pemilahan sampah organik dan non organik sehingga sampah-sampah dapat dimanfaatkan dan bernilai guna. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu Participatory Action Research (PAR). Dilakukan secara berkelompok, masing-masing terdiri dari lima sampai sepuluh orang. Setiap kelompok diminta untuk mempraktikan cara pemilahan sampah organik dan non organik. Kegiatan gerakan pungut sampah (GPS) berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari masyarakat. Walaupun tujuan akhir mewujudkan desa yang bersih belum terlaksana, namun bisa dapat menumbuhkan kepedulian dan kesadaran masyarakat dan pemuda serta memberikan keterampilan dalam pemilahan sampah secara mandiri dapat terlaksana. Sehingga saat ini masyarakat dan pemuda dapat melakukan pemilahan sampah secara mandiri.

References

Antonim.(2018). Laporan Akhir KKN Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Hasanuddin.

Apriandi & Harry, W.(1994). Memproses Sampah. Jakarta : Penebar Swadaya.

A.S. Maulina.(2012). Identifikasi Partisipasi Masyarakat dalam Pemilahan Sampah di Kecamatan Cimahi Utara Serta Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol 23 (3).

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia.(2011). Panduan Pengajan Proposal Hibah Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia. Jakarta : Universitas Indonesia.

Ditbinlitabnas.(1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi, Ditjen Dikti. Jakarta : Depdikbud.

Fakih, Mansour.(2002). Jalan Lain. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Insist Press, hal. 52.

Noor, Idris HM.(2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 16.

Norman K. Denzin dan Yvonnas S. Licoln.(2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Hal. 422.

Nugroho, Karyadi, dkk.(2007). Laporan Penelitian Manajemen Pemilahan Sampah di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi Pasal 1 Ayat 9.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi Pasal 1 Ayat 11.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Haerani, S. Z. A. ., & Mulyani, H. (2021). Gerakan Pungut Sampah untuk Mengembangkan Kawasan Sadar Lingkungan demi Terwujudnya Desa Bersih Kampung Cibeusi . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(34), 141–148. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/495

Issue

Section

Articles