Pengabdian Masyarakat Melalui Pengajaran Calsitung pada Anak-Anak di Kampung Tanjung Kait Kabupaten Tangerang

Authors

  • Muhammad Fauzan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Akmal Ats Tsaqofi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Rayhan Hutasuhut UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zulbaidah Zulbaidah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Calistung, Pemberdayaan Masyarakat, Pengajaran

Abstract

Kami melaksanakan KKN SISDAMAS di Kampung Tanjung Kait, Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Kampung Tanjung Kait terdiri dari 4 RT, yaitu RT 06, 07, 08, dan 09. Keempat RT ini tergabung dalam RW 02. Kampung Tanjung Kait berada di pesisir pantai sehingga mayoritas mata pencaharian masyarkat desa ini adalah pelayan dan banyak mendapatkan hasil tangkapan laut berupa kepiting, ikan, dan kerang sebagai penghasilan utama. Anak anak yang berada di lingkungan RW 02, Kampung Tanjung Kait, Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang pada umunya tidak begitu memahami membaca, menulis, dan menghitung, khususnya membaca bagi anak-anak sekolah dasar. ada beberapa anak yang pintar dalam menghitung maupun menulis, namun, masih ada beberapa anak yang masih kesulitan dalam calistung (baca, tulis, hitung). Dan adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Membimbing anak-anak untuk mengenal huruf alphabet dan angka.dan meningkatkan minat anak untuk belajar calistung sesuai dengan kemampuan anak-anak yang dikemas dengan pembawaan materi yang mudah dan menyenangkan Metode pengabdian yang kami terapkan adalah metode SISDAMAS sebagaimana yang disebutkan dalam juknis KKN dan merupakan singkatan dari “Sistem Pemberdayaan Masyarakat Dari Rumah” Anak- Anak yang tadinya belum bisa membaca kini anak- anak tersebut secara perlahan mereka paham mengenai huruf- huruf abjad, pelafalannya dan anak- anak yang sudah bisa membaca mereka kesulitan dalam berhitung kini anak- anak tersebut mulai mengerti dengan perlahan mengenai materi tersebut.

References

Abdurrahman, Fatoni Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi (Jakarta: Rineka Cipta,2011), hlm.104.

Aji, Rizqon Halal Syah, Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran, (Jakarta: SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 7 No. 5, 2020), 396.

Hastuti, Neli dan Evi Roviati. 2020. PENDAMPINGAN BELAJAR PENGENALAN BAHASA INGGRIS MENYENANGKAN DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID 19. IAIN Syekh Nurjati. Cirebon. (AL KHIDMAT : JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol.3 No. 2 Tahun 2020)

Singarimbun, Masri dan Efendi Sofran, Metode Penelitian Survey ( Jakarta:LP3ES,1995), hlm. 46.

Suparlan, Suhartono, Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007), 77.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Fauzan , M., Ats Tsaqofi , A., Hutasuhut , M. R., & Zulbaidah, Z. (2021). Pengabdian Masyarakat Melalui Pengajaran Calsitung pada Anak-Anak di Kampung Tanjung Kait Kabupaten Tangerang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(34), 98–108. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/492

Issue

Section

Articles