Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Melalui Metode Mewarnai dan Kolase di Rw.15 Kelurahan Margasari

Authors

  • Annisa Qonita Maulaya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Nurmala UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motorik, Mewarnai, Kolase

Abstract

Dampak dari PPKM ini, menimbulkan seringnya anak berinteraksi dengan gadget, sehingga membuat kurangnya perkembangan motorik halus pada anak. Maka penting bagi anak untuk mendapatkan stimulus kemampuan motorik halus. motorik halus merupakan rangkaian gerakan yang meliputi otot otot kecil yang ada diseluruh tubuh. Upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan kemampuan motorik halus anak adalah melalui media yang kreatif dan menyenangkan bagi anak, serta perlu adanya suatu kegiatan yang membantu agar otot halus pada tangan dapat bergerak, khusunya pada jari-jemari tangan anak. Kegiatan yang diberikan pada anak-anak khususnya di RW.15 adalah kegiatan mewarnai pada gambar dan membuat kolase dengan menempel biji kacang hijau pada gambar.  Kegiatan ini dibagi menjadi empat tahap yaitu mewarnai gambar tentang “Part of Body”, mewarnai gambaran bebas anak-anak, membuiat kolase pada gmabar buah dan mewarnai kaligrafi. Secara keseluruhan respon yang diberikan anak-anak cukup antusias dalam mengiukuti program yang kami berikan. Dan dari hasil yang kami dapatkan, kami telah berhasil menstimulus pengembangan motorik halus pada anak-anak di Komp. Pemda Ciwastra, RT 15 Kelurahan Margasari, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

References

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniawati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Montolalu, B.E.F dkk. 2014. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sujiono, Bambang dkk. 2014. Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hurlock B. Elisabeth. 1976. Perkem bangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Lubis. 2001. dalam Sujiono Bambang. dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Maulaya, A. Q., & Nurmala, S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Melalui Metode Mewarnai dan Kolase di Rw.15 Kelurahan Margasari . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(34), 70–77. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/489

Issue

Section

Articles