Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Bimbingan Belajar

Authors

  • Liska Amelia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Endah Ratna Sonya UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bimbingan, Belajar, Motivasi, Siswa

Abstract

Pelarangan melakukan proses pembelajaran di dalam ruang kelas memunculkan solusi berupa pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Daring (Dalam Jaringan) menggunakan media Internet. Diadakan nya PJJ ini juga bukan berarti tanpa masalah, perubahan cara belajar yang cukup signifikan ini tentunya akan berdampak kepada para pelaku Pendidikan yakni guru dan siswa, terutama bagi siswa pelaksanaan PJJ sangat berdampak pada proses pembelajaran antara lain mempengaruhi prestasi, intensitas belajar, waktu belajar, dan yang paling penting motivasi belajar siswa. Di SD Kumbung 1 Pelaksanaan PJJ yang berlangsung cukup lama mempengaruhi motivasi belajar siswa, banyak siswa yang justru melalaikan kegiatan belajar ataupun tugas-tugas yang di berikan oleh gurunya secara daring serta lebih memilih bermain. Banyak faktor yang melatarbelakangi hal tersebut antara lain kurangnya bimbingan dari orang tua, siswa merasa kesulitan belajar sendiri, faktor lingkungan dsb. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa SD Kumbung 1 saya dan teman-teman tim KKN yang berkolaborasi dengan saya mengadakan program bimbingan belajar bagi para siswa. Program ini merupakan salah satu luaran dari kegiatan KKN yang dilaksanakan di desa Kumbung. Adapun proses pelaksanaan dari bimbingan belajar ini diawali dengan sosialisasi kepada para siswa serta wali murid sehingga di dapat data siswa yang merasa kesulitan dalam pelaksanaan PJJ, kemudian dilaksanaakan bimbingan belajar kepada siswa-siswa tersebut yang dilaksanakan dari hari senin-jumat setiap minggunya secara offline dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan. Waktu pelaksanaan bimbingan belajar menyesuaikan dengan waktu kegiatan lainnya sehingga tidak membebani siswa. Kegiatan bimbingan belajar ini dilakukan untuk membantu siswa memahami materi yang dipelajari di sekolah serta membantu siswa yang kesulitan mengerjakan tugas sekolahnya. Dalam pelaksanaannya terdapat banyak kekurangan seperti kurangnya bahan materi, siswa mudah bosan dsb. Meskipun demikian program ini juga di rasa dapat di manfaatkan sebagai usaha meningkatkan motivasi belajar siswa dimasa pandemi ini.

References

Amti, P. d. (1999). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Andayani, N. P. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA N 1 SUKASADA. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 1-10.

Ni Putu Sri Nonik Andayani, M. S. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA N 1 SUKASADA. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 1-10.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Zultrianti, S. M. (2020).Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19 Ini. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran. 6(2), 165-175. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index%0AJuli

Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2014). Studi deskriptif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mengikuti kegiatan bimbingan belajar pada siswa smp di semarang. Psikodimensia, 13(1), 115.

Undang-Undang Perguruan Tinggi nomer 12 tahun 2012, pasal 31 tentang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

https://www.google.com/url?q=https://eprints.uny.ac.id/9570/2/bab%25202%2520NIM.%252008104241024.pdf&sa=U&ved=2ahUKEwiX6aTKxujyAhXa4XMBHQRuBXkQFnoECAUQAg&usg=AOvVaw0LVdKCWGCNxJBRCkKHKkMZ.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Amelia, L., & Sonya, E. R. . (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Bimbingan Belajar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(34), 62–69. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/488

Issue

Section

Articles