Penggunaan Metode Drill dan Metode Interaktif dalam Meningkatkan Semangat Siswa di Daerah yang Terdampak Covid-19

Authors

  • Amung Ahmad Syahir Muharram UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hana Fauziyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nauva Fauzia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Nurulaeni Febriyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

kualitas, pengajian, majelis, peningkatan

Abstract

Artikel ini membahas tentang hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat 2021 yang dilaksanakan di Majelis Nurul Falah, RT 011, RW 002, Kampung Dangdeur. Majelis Nurul Falah didirikan pada 1997 yang kemudian menjadi tempat dilakukannya kegiatan-kegiatan keagamaan dimana salah satunya adalah pengajian untuk anak-anak PAUD hingga SMP di sekitar sana. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kekurangankekurangan Majelis Nurul Falah yang teridentifikasi selama masa sosialisasi. Kekurangan tersebut diantaranya kekurangan tenaga pengajar dan kurang efektifnya model pembelajaran. Pelaksanaan KKN-DR SISDAMAS 2021 di Majelis Nurul Falah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengaji. Peningkatan kualitas ini diselenggarakan melalui penambahan metode dalam pembelajaran, yakni dengan metode drill dimana langkah ini diharapkan mampu menambah kualitas anak-anak dalam belajar di Majelis Nurul Falah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah metode pemberdayaan masyarakat yang mana membutuhkan kontribusi langsung dari masyarakat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pelaksanaan program kerja di Majelis Nurul Falah berlangsung selama tiga minggu. Beberapa program kerja yang dilaksanakan diantaranya belajar mengaji, tajwid, menghafal doa wudhu,menghafal nama-nama 25 nabi dan rasul, menghafal surah-surah pendek, hingga menghafal shalawat syifa. Dengan diperbanyaknya tenaga pengajar dan model pembelajaran yang terbarukan, maka seluruh program kerja dapat terlaksana dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Indikator keberhasilan ini dapat dibuktikan dengan kemajuan anak-anak dalam membaca al-Quran, mempelajari tajwid, menghafal semua hafalan yang diberikan, serta tanggapan langsung dari ustaz di Majelis Nurul Falah. Keberhasilan kegiatan ini dapat tercapai karena adanya kerja sama antara peserta KKN-DR SISDAMAS 2021 dengan warga Majelis Nurul Falah.

References

Afandi M. dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press

Hiryanto. (2008). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal.

Makalah. Bantul: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bantul DIY

LP2M. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR SISDAMAS) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Muhaimin, (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada), H. 44.

Nasrudin. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran di SD. 13(1). Surakarta.

Noviaya Sari, dan Maryatun. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Metro .Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 4(2).

Radiansyah. (2015). Sosiologi Pendidikan Agama. Banjarmasin: IAIN Antasari Press

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Syahir Muharram, A. A. ., Fauziyah, H. ., Fauzia, N. ., & Nurulaeni Febriyanti, S. . (2021). Penggunaan Metode Drill dan Metode Interaktif dalam Meningkatkan Semangat Siswa di Daerah yang Terdampak Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 66–79. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/481

Issue

Section

Articles