Pembentukan Kelompok Belajar Terhadap Siswa Tingkat SD dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi

Authors

  • Fitri Nurul Ghina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Anugrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

les privat, pembelajaran jarak jauh, pembentukan kelompok pengabdian

Abstract

Pada masa pandemi saat ini, salah satu upaya pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid-19 adalah dengan diadakannya program sosial distancing (menjaga jarak). Program ini juga diberlakukan dalam proses pendidikan. Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Deseases (Covid-19) yang mengatur tentang ketentuan Belajar dari Rumah sehingga pembelajaran jarak jauh dijadikan sebagai solusi alternatif agar kegiatan pembelajaran tetap terlaksana. Dalam tingkat perguruan tinggi, salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dalam pelaksaanaan program pengabdian kepada masyarakat diaplikasikan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata dari Rumah (KKN-DR) dengan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) di masa pandemi. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu anak-anak tingkat Sekolah Dasar di Kampung Cisalatri RW 05 dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) agar materi pelajaran yang diberikan secara online tersebut dapat dipahami dengan baik. Metode yang digunakan adalah metode pengelompokkan sesuai tingkatan kelas dan juga pemberian pelajaran tambahan (les privat). Buah dari pelaksanaan metode tersebut adalah meningkatnya pemahaman anak-anak terhadap materi pelajaran yang disampaikan saat PJJ dan antusias anak-anak dalam menerima pelajaran tambahan.

References

Husnul Qadim, Aep Kusnawan, Dkk. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian Di Masa Pandemi Bermitra Dengan Satgas Covid-19. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hayati, Siti Hidayatun, and Sylvia Dewi. 2021. “Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar.” 3: 1–13.

Ika Firma Ningsih Dian Primasari, Zulela. 2021. “Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 Di Sekolah Dasar.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 5(1): 64–73.

Lita Izzatunnisa, Dkk. 2021. “Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Dalam Proses Belajar Dari Rumah.” Jurnal Pendidikan 9(2): 7–14.

Novianto, Galih Dwi, Dara Aulia Herman, and Angga Hadiapurwa. 2021. “Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh Bagi Pendidik Dan Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 4: 98–111.

Oktavani Dwi Saputri, Rahmawati. 2019. “Peran Guru Dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (Les) Bagi Peserta Didik Di Luar Jam Pelajaran Sekolah Sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019: 493–504.

Rihani, Nur Najmina. 2019. “Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Masa Pandemi Covid 19.” Sukiman. 2019. “MODEL PEMBENTUKAN KELOMPOK BERVARIASI.” Karangan: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran dan Pengembangan 01(01): 1–7.

Zahra, Tsaniya, Yuthika Wardhani, and Hetty Krisnani. 2020. “OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLI NE DI

MASA PANDEMI COVID-19 Universitas Padjadjaran.” : 48–59.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Nurul Ghina, F. ., & Anugrah, D. . (2021). Pembentukan Kelompok Belajar Terhadap Siswa Tingkat SD dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 39–53. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/478

Issue

Section

Articles