PEMBERDAYAAN MASYARAKAT GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MELALUI KETAHANAN SWASEMBADA PANGAN DI DESA KERTAYASA

Authors

  • Rohmanur Aziz UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Dhiyaul Fitriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Risa Handayani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tiara Tri Romantika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Pertanian, Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Abstract

Saat ini, sektor pertanian menjadi kekuatan bagi perekonomian Indonesia. Potensi yang dimiliki oleh suatu daerah harus dipertahankan guna memenuhi kebutuhan pangan. Dampak COVID-19 juga menuntut masyarakat untuk adaptif serta bisa mengambil peluang yang ada agar bisa bertahan hidup. Desa Kertayasa yang terletak di Kabupaten Kuningan, memiliki keunggulan pula di sektor pertanian baik dari segi SDA maupun SDM. Namun sayangnya, tingkat awarness masyarakat masih rendah terhadap potensi yang dimiliki tersebut. Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Kertayasa merupakan salah satu solusi untuk menjawab permasalahan yang terjadi saat ini. SDM yang mendukung yakni KTM (Kelompok Tani Muda) bisa menjadi motor penggerak untuk berjalannya program ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Action Research yang merupakan kegiatan dan atau tindakan perbaikan sesuatu yang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya digarap secara sistematik dan sistematik sehingga validitas dan reliabilitasnya mencapai tingkatan riset. Selain itu, ada 4 siklus yang menjadi acuan tim penulis untuk melaksanakan KKN-DR SISDAMAS diantaranya 1) Refleksi Sosial, 2) Pemetaan Sosial, 3) Perencanaan Partisipatif dan Sinergi Program, 4) Pelaksanaan Program. Kegiatan diselenggarakan melalui beberapa langkah, mulai dari sosialisasi Door to Door ke rumah warga, penyuluhan, praktik penanaman massal, serta pembagian benih. Adapun harapan dari terselenggaranya program ini yaitu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat minimalnya dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, serta dapat berjalan secara berkelanjutan.

References

Badan Litbang Pertanian. 2011. Pedoman Umum Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Baskerville,L.R.1999. Journal : Investigating Information System with Action Research, Association for Information Systems: Atlanta

Davison, R. M., Martinsons, M. G., Kock N. 2004. Journal : Information Systems Journal: Principles of Canonical Action Research.

Gunawan, Sulistia Gan. Setiabudy, Rianto. Nafrialdi. Elysabeth. 2007. Farmakologi dan Terapi Edisi 5. Jakarta: FKUI.

Madya, S. 2006. Teori dan Praktik Tindakan (Action Research), Alfabeta : Bandung.

Nainggolan,. Kaman. 2008. Ketahanan Dan Stabilitas Pasokan, Permintaan Dan Harga Komoditas Pangan. Badan Ketahanan Pangan Departemen Pertanian. Jakarta Selatan.

Nurwati, N., Surtinah, Amalia. 2015. Analisis Pemanfaatan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Pertanian, 11(2): 1-8.

Pusat Penelitian Agro Ekonomi. 1989. Penelitian Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Daerah Transmigrasi Kuamangkuning, Jambi.

Sajogyo dan Pudjiwati Sajogyo. 1981. Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta : gadjah Mada University Press

Sulaksana,U.2004.Managemen Perubahan, Cetakan I, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta.

Suparjan, S. Hempri . 2003. Pengembangan Masyarakat dari pembangunan Sampai Pemberdayaan. Yogyakarta: Aditya Media.

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Aziz, R., Fitriyani, P. D., Handayani, R., & Romantika, T. T. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MELALUI KETAHANAN SWASEMBADA PANGAN DI DESA KERTAYASA. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(16), 166–178. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/476

Issue

Section

Articles