PROMOSI DIGITAL UMKM TERDAMPAK COVID 19 DI RW 12 DESA MARGAMEKAR

Authors

  • Nisa Azka UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rini Sulastri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid 19, Instagram, Promosi, UMKM

Abstract

Pandemi covid 19 telah memberikan dampak yang besar bagi perekonomian bangsa ini, terutama bagi pelaku UMKM yang proses penjualannya secara langsung. Saat pemberlakuan PPKM, kegiatan perekonomian disarankan untuk menggunakan aplikasi online. Permasalahan terjadi ketika pelaku UMKM tidak bisa menggunakan fasilitas yang tersedia secara online untuk menjual hasil prosuksinya. Tujuan pelaksanaan kegiatan KKN ini yaitu membantu UMKM di RW. 12 Desa Margamekar Pangalengan dalam mempromosikan usahanya melalui akun instagram desa maupun akun prbadi pelaku UMKM. Metode yang digunakan untuk memahami situasi kegiatan UMKM menggunakan observasi dan wawancara. Hasil kamian ini yaitu kegiatan yang dilakukan telah membantu mempromosikan hasil produksi UMKM di akun instagram desa maupun pribadi, dan membuka peluang untuk mendapatkan konsumen dari promosi yang dilakukan sehingga pendapatannya bisa bertambah.

 

Author Biography

Rini Sulastri, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

 

 

References

Angela Besana, Anna Maria Bagnasco, Annamaria Esposito, Alessia Calzolari. 2019. “Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Pada UsahaMikro Kecil Di Desan Sanrobone Kabupaten Takalar.” Jurnal Kamian Bina Ukhuwah 1(2): 415–17.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education Inc.

laura Hardilawati, Wan. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi dan Ekonomika 10(1): 89–98.

Nabilah, Sharfina, Muhammad Nursan, and Pande Komang Suparyana. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM (Studi Kasus UMKM ZEA FOOD Di Kota Mataram).” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3): 1–4.

Nuraeni, Syifa Dewi, and Suryawardani Bethani. 2017. “Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt.Niion Indonesia Utama Pada Tahun 2017.” e-Proceeding of Applied Science 3(2): 280–85. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3732.

Priambada, Swast. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Purwidiantoro, Moch Hari, Dany Fajar Kristanto SW, and Widiyanto Hadi. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).” Eka Cida 1(1).

Putra, Aldy Purnama. 2010. “Analisis Strategi Promosi Majalah Cita Cinta.” Institut Pertanian Bogor.

Ramadan, Ari. 2021. “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk ‘Rendang Uninam.’” Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 5(1): 64–84.

Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rokhmah, Betty Eliya, and Ismail Yahya. 2020. “Tantangan, Kendala, Dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM Di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.” Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf 1(1): 20–31.

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Azka, N., & Sulastri, R. (2021). PROMOSI DIGITAL UMKM TERDAMPAK COVID 19 DI RW 12 DESA MARGAMEKAR. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(16), 130–137. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/473

Issue

Section

Articles