Pemberdayaan Kelompok Remaja Rt. 02 Rw. 19 Desa Kihapit dengan Pelatihan Hidroponik Sederhana

Authors

  • FikrI Ali Fadli Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Achmad Fauzi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sabda Muhammad Rizmanda Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Vera Octavia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Hidroponik, pelatihan, pemuda, ekonomi

Abstract

Hidroponik merupakan salah satu metode pertanian modern yang mudah diaplikasikan dan bernilai ekonomis. Sebagai upaya dalam mengurangi dampak ekonomi dari pandemi covid-19 dan upaya memberdayakan para pemuda yang memiliki paradigma akan pertanian yang memiliki kesan kuno, memerlukan lahan luas, melelahkan dan kurang menguntungkan, pelatihan hidroponik ini dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah tersebut yang tengah terjadi di wilayah Desa Kihapit yang merupakan kawasan padat penduduk dan terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Dalam mewujudkan program ini, metode yang dilakukan memiliki empat tahapan, diantaranya yaitu refleksi sosial, perencanaan program, pelaksaan program dan evaluasi program. Pelatihan hidroponik ini merupakan hasil dari tahapan refleksi sosial dan ditujukan kepada kelompok remaja Desa Kihapit untuk menghasilkan generasi yang bangga menjadi petani. Pelatihan ini dilaksanakan dengan dua cara penyampaian, yaitu ceramah dan praktek. Hasil dari pelatihan ini yaitu para peserta sangat antusias dan berkeinginan untuk lebih mengetahui tentang hidroponik dengan indikator keberhasilan yang terlihat dari kehadiran yang terpenuhi dan adanya beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta

References

Asfaria, Sanas Pohan dan Oktoyournal. 2019. Pengaruh Konsentrasi Nutrisi A-B Mix Terhadap Pertumbuhan Caisim Secara Hidroponik (Drip System). Jurnal LUMBUNG. Penelitian Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Vol. 8, No. 1.

Chaidir, Liberty dan Lia Kamelia. 2018. Pelatihan Bangga Menjadi Petani Hidroponik Pada Komunitas Pemuda Di Desa Cigugur Girang Kabupaten Bandung Barat. Al-Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyaraka. Vol 1, No. 2.

Mulasari,S.A. (2018). Penerapan Teknologi Tepat Guna (penanam hidroponik menggunakan media tanam) Bagi Masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakatnsrat, vol. 2, no.3, hal. 425-430.

Natalia, Cynthia., Yusita Kusumarini., Jean Francois Pollot. 2017. Perancangan Interior Fasilitas Edukasi Hidroponik di Surabaya. JURNAL INTRA Vol. 5, No. 2, hal. 97-106.

Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Mass Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. 2021. Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Putra, Edi Setiadi., Jamaludin., Djatmiko, Muhammad Djalu. 2018. Kajian Komparasi Sistem Hidroponik Untuk Masyarakat Desa. In: Seminar Nasional Rekayasa dan Desain Itenas 2018, Tema: Peranan Rekayasa dan Desain dalam Percepatan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, 4 Desember 2018, Kampus Institut Teknologi Nasional - Bandung.

Rakhman, Aulia., Budianto Lanya., Bustomi Rosadi., M. Zen Kadir. 2015. Pertumbuhan Tanaman Sawi Menggunakan Sistem Hidroponik Dan Akuaponik. Jurnal Teknik Pertanian Lampung Vol.4, No.4 : 245-254.

Sarah, Siti. 2021. Kota Cimahi Dalam Angka Cimahi Municipality In Figure 2021. Badan Pusat Statistik Kota Cimahi

Syamsu, Ida Roidah. 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO Vol. 1, No. 2.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Fadli, F. A., Fauzi, A., Rizmanda, S. M., & Octavia, V. (2021). Pemberdayaan Kelompok Remaja Rt. 02 Rw. 19 Desa Kihapit dengan Pelatihan Hidroponik Sederhana. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(38), 61–71. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/456

Issue

Section

Articles