KKN-DR Sisdamas Rw 05 Kelurahan Cipadung: Pentingnya Penguatan Minat Belajar Dimasa Pandemi

Penulis

  • Alfa Ratu Dinul Hanifa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Umihani Amalia R Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yasin Nurjabar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Endah Ratna Sonya Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

belajar, kesehatan, minat

Abstrak

Laporan ini berjudul Pentingnya Penguatan Minat Belajar Dimasa Pandemi, yang berisikan tentang hasil kegiatan KKN DR Sisdamas (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat). Kami selaku mahasiswa melakukan kegiatan KKN di wilayah RW 05 Kelurahan Cipadung yang diwujudkan melalui penguatan kesadaran dan kepedulian terhadap wabah Covid-19 relasi agama dan kesehatan dengan tepat, moderasi agama, dan pendidikan serta dakwah keagamaan Islam dengan memanfaatkan media sosial. Oleh karenanya, KKN-DR SISDAMAS RW 05 Kelurahan Cipadung melakukan Refleksi sosial bersama warga RW 05.  Mengorganisasikan masyarakat dengan mencari dan memilih organisasi yang sehat untuk dijadikan motor penggerak pemberdayaan masyarakat. Kemudian merancang kegiatan seperti pendampingan PJJ, les gratis, magrib mengaji dan peningkatan mutu kesehatan masyarakat. Masalah yang menjadi fokus utama adalah bagaimana meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran online dan bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan kesehatan.  Pada akhir kesimpulan didapati setelah dilaksanakannya kegiatan, tingkat minat belajar siswa dan kesadaran masyarakat akan kesehatan mengalami kenaikan yang cukup baik

Referensi

Eryadini,N.,Nafisah,D., Sidi,A.(2020). Psikologi Belajar Dalam Penerapan Distance Learning. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat

Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia.Jurnal Manajemen Informatika .(JAMIKA). 10(1), 12–28.

Mutaqin, I., & Pratiwi, M. R. (2021). Pengalaman Orang Tua Dalam Proses Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. II(1), 1–19

Ramadhani,D. A.,Nilawaty,A. (2021). Pendampingan pembelajaran jarak jauh (pjj) bagi siswa madrasah ibtidaiyah (MI)Nurul Himmah desa Andong,Boyolali. , pp. 27 – 45

Suprihatin, A., Ananda, T. A., Mahsa, N., Damayanti, W., Alfiyah, G., Nurulita, M. F., & Arifin, R. (2020). Efektivitas Pendampingan Belajar Anak Dalam Mengatasi Kesulitan Orang Tua Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Di Desa Kebulusan, Kabupaten Kebumen. 1–6.

Sudarti, Trapsilo Prihandono, Sugiyanto, H. R. (2021). Pendampingan Belajar Daring di Masa Pandemi COVID-19untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi Provinsi

Widodo, G.S., & Rofiqoh, K.S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 7(1), 13-22

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-13

Cara Mengutip

Hanifa, A. R. D., R, U. A., Nurjabar, Y., & Sonya, E. R. (2021). KKN-DR Sisdamas Rw 05 Kelurahan Cipadung: Pentingnya Penguatan Minat Belajar Dimasa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(38), 35–53. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/454

Terbitan

Bagian

Articles