Pendidikan Lingkungan pada Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Tempat Sampah Serta Metode Simulasi

Authors

  • Ai Siti Rabiah Adawiyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tanti Dewinggih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

lingkungan, pendidikan, sampah

Abstract

Pendidikan lingkungan merupakan pendidikan yang perlu dilakukan sejak usia dini karena pada usia tersebut merupakan masa yang tepat untuk pembentukan karakter di masa depan. Pendidikan lingkungan salah satunya adalah pengelolaan sampah. Tujuan pengabdian ini yaitu memberikan pendidikan lingkungan pada siswa sejak usia dini sebagai pembentukan karakter positif yang mencintai lingkungan dan dapat memberikan manfaat nyata bagi lingkungan sekitarnya. Metodologi yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan penyediaan tempat sampah oleh siswa serta pembelajaran melalui metode simulasi di PAUD (Kelompok Bermain Arya Kikis) di Desa Kagok, Kecamatan Banjaran, Kabupaen Majalengka. Hasil pengabdian ini dengan evaluasi langsung saat pelaksanaan kegiatan. Siswa sangat antusias dan termotivasi saat membuat tempat sampah mereka sendiri dari bahan yang telah dipersiapkan karena pada usia tersebut kemampuan motorik anak sudah baik dan kemampuan kognitif anak sudah dapat mengenal bentuk, menyusun puzzle, dan berpikir kreatif. Pada kegiatan pendidikan lingkungan melalui metode simulasi, siswa sudah mampu mengolah informasi baru dan mengimplementasikannya kedalam aktivitas. Dengan metode simulasi siswa dapat mengingat hingga 90% informasi berdasarkan kerucut pengalaman Elgard Dale

References

Aghnaita. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun pada Permendikbud no 137 tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219-234.

Astuti, W. (2010). Peran Sampah B3 Rumah Tangga (Household Hazardous Waste) dalam Peningkatan Global Warming. 1(1), I.31-I.36.

B. Hurlock, E. (1997). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Biddle et al. (2014). Early Childhood Education Becoming Profesional. USA: SAGE.

Djoehaeni, H. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Hidup Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edutech, 1(1), 1-20.

Intara, Y. I., & dkk. (2011). Pengaruh Pemberian Bahan Organik pada Tanah dan Lempung Berliat Terhadap Kemampuan Mengikat Air. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 16(2), 130-135.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1-12.

Khotimah, K., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan Attensi Belajar Siswa Kelas Awal Melalui Visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17-28.

Lestari, N. E., Purnama, A., Safitra, A., & Koto, Y. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pemilahan Sampah Pada Anak Usia Sekolah Melalui Metode Simulasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Maju, 01(02), 45-49.

Marliani, N. (2014). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi Dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Formatif, 4(2), 124-132.

NAAEE. (2010). Early Childhood Environmental Education Program: Guidlines for Excellence. Washington: NAAEE Publication an Membership Office.

Putra, T. I., Nanik, S., & Apriyanto, E. (2019). Identifikasi Jenis dan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Rumah Tangga: Studi Kasus Kelurahan Pasar Tais Kecamatan Seluma Kabupaten Seluma. Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 8(2), 49-61.

Safira, A. R. (2020). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1), 22-25.

Safitri, N. (2014). Penerapan Metode Simulasi Dengan Menggunakan Media Benda Konkret pada Materi Jual Beli untuk Meningkatkan Hasil Belajar SIswa Kelas III di MI Mambaul Ulum Pakis Malang. Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sekarsari, R. W., & dkk. (2020). Pemanfaatan Sampah Organik untuk Pengolahan Kompos. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1(3), 200-206.

Sholihah, A., & Nurhidayati. (2018). Kelompok Tani Hortikultura dalam Rangka Perbaikan Manajemen Produksi Kompos. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 94-104.

Taufiq, A., & Maulana, M. F. (2015). Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik serta Pelatihan kreasi Sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4(1), 68-73.

Widayati, T. (2013). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Simulasi Kecakapan Hidup. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 8(2), 85-93.

Yudistirani, S. A., Syaufina, L., & Mulatsih, S. (2015). Desain Sistem Pengelolaan Sampah Melalui Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik Berdasarkan Persemsi Ibu-Ibu Rumah Tangga. 1(2), 29-42.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Adawiyah, A. S. R., & Dewinggih, T. (2021). Pendidikan Lingkungan pada Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Tempat Sampah Serta Metode Simulasi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(38), 11–23. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/452

Issue

Section

Articles