Strategi Bimbingan Belajar dan Pengenalan Teknologi Informasi dalam Menghadapi Pendidikan di Masa Pandemi

Authors

  • Abdul Aziz Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mita Komara Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sahrul Fauzan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wulan Maulani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahmat Taufiq Mustahiq Akbar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

calistung, IT, pelatihan

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak oleh adanya pandemi. Proses pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan secara daring membuat guru tidak dapat mengontrol sepenuhnya kemampuan peserta didik. Salah satu permasalahan yang timbul adalah kurangnya kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Calistung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa untuk dapat menempuh pendidikan ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, kemampuan calistung harus ditingkatkan. Dalam upaya untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dilaksanakan bimbingan belajar calistung baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu, di era sekarang ini Ilmu Teknologi (IT) semakin mengalami perkembangan. Ilmu Teknologi digunakan hampir di semua sektor kehidupan, salah satunya di sektor pendidikan. Keadaan sekolah di pedesaan membuat sarana prasarana teknologi di sekolah masih kurang, karenanya banyak siswa yang tidak bisa bahkan belum mengenal alat teknologi. Padahal, saat ini siswa Sekolah Dasar kelas V akan menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan sistem Computer Based Test (CBT) Maka, perlu dilakukan pelatihan terkait pengenalan dan penggunaan alat-alat teknologi agar siswa dapat lebih siap dalam menghadapi AKM dan terbiasa dengan alat teknologi. Berdasarkan hasil bimbingan pembelajaran calistung dengan metode bernyanyi diselingi permainan membuat siswa lebih termotivasi untuk menerima pembelajaran, terlihat peningkatan perkembangan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan berhitung dengan persentase peningkatan sebesar 35% dengan kriteria siswa bisa menggabungkan 2 - 3 huruf serta penggalan kata menjadi kata sederhana serta setelah dilaksanakannya pengenalan dan pelatihan membuat siswa bisa mengenal alat teknologi dan dapat mengoperasikan laptop khususnya yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran. Supporting pemahaman pengenalan IT,  diharapkan nantinya siswa lebih siap dalam mengahadapi pembelajaran dimasa mendatang. Setelah pelaksanaan pelatihan, siswa mengalami peningkatan yang sangat pesat dalam pengoperasian laptop, persentase peningkatan kemampuan IT siswa sekitar 65%

References

Akhir, L., Pengabdian, K. K. S., & Pengabdian, L. (2015). Laporan akhir kks pengabdian lembaga pengabdian masyarakat universitas negeri gorontalo tahun 2015.

Hanafri, M. I., Iqbal, M., Prasetyo, A. B., & Pembelajaran, A. P. M. (2019). Perancangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Komputer Dasar Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. 9 (1).

Mulatsih, B. (n.d.). PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM , GOOGLE FORM , DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI COVID-19 APPLICATION OF GOOGLE CLASSROOM , GOOGLE FORM AND QUIZIZZ IN CHEMICAL LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. 5(1).

Nengsi, Y. P., & Idrus, A. Al. (2020). Kegiatan Mengajar Di Desa Gebang Baru Kecamatan Mataram Kelurahan Pagesangan Timur. 1–4.

Nurul, E., & Syamsudin, A. (2022). Perspektif Orang Tua terhadap Pelaksanaan Les Calistung di Masa Pandemi Covid-19. 6(1), 434–444. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.935

Pengantar, K., & Pengantar, A. (2013). C alistung.

Rumidani, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., & Tika, I. N. (2014). SISWA SEKOLAH DASAR e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4.

Sabara, E. (2004). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. 122–125.

Wajib, K., Dasar, T., Television, S., Internet, J., & Point, P. P. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1, 28–37.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Aziz, A., Komara, M., Fauzan, S., Maulani, W., & Akbar, R. T. M. (2021). Strategi Bimbingan Belajar dan Pengenalan Teknologi Informasi dalam Menghadapi Pendidikan di Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(32), 87–101. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/439

Issue

Section

Articles