Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi dengan Bimbingan Belajar di Rw.06 Kelurahan Manggahang

Authors

  • Annisa Nurul Asyiah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhita Fuspita Nursabrina Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farhan Nurkafa Akbar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochammad Iqbal Habib Ramadhan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Khaerul Rijal Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Odang Odang Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Bimbingan Belajar, Motivasi belajar

Abstract

Kehidupan sosial di kelurahan Manggahang tepatnya di RW.06 rata-rata adalah masyarakat menengah kebawah bahkan banyak masyarakat yang kurang mampu sehingga banyak sekali masalah mengenai ekonomi, kesehatan, dan yang lebih parah adalah masalah pendidikan, banyak sekali anak yang putus sekolah bahkan menikah pada umur yang terbilang belum cukup. Dan juga banyak sekali anak sekolah dasar yang menjadi minim akan pengetahuan mengenai Membaca Menulis dan Menghitung dikarenakan dampak COVID-19 yang dimana mengharuskan anak-anak di sekolah dasar untuk sekolah secara offline kurang lebih 1 tahun lebih. Hal tersebut menimbulkan konsekuensi tantangan, tuntutan dan kebutuhan baru dalam sendi-sendi pendidikan. Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya . Motivasi berasal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri individu, yang menyebabkan individu tersebut bertindak atau berbuat. Sehingga diperlukannya solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang dimana solusi untuk masalah pendidikan ini adalah bimbingan belajar dimana akan adanya pendampingan serta pemberian pengetahuan sekaligus motivasi serta semangat baru untuk anak-anak meski sedang dalam kondisi yang kurang baik.  Bimbingan belajar ialah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam mengatasi kesukaran-kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntutan-tuntutan belajar di sekolah. Hasil dari pelaksanaan program tersebut adalah adanya perkembangan dari keterampilan membaca, menulis, serta menghitung (Calistung) anak, meningkatnya motivasi serta semangat belajar, menumbuhkan rasa percaya diri serta peduli sesama

References

Adi, I. R. (1994). Psikologi, Pekerja Sosial, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial: Dasar-Dasar Pemikiran. Jakarta: Grasindo.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bencana, B. N. (2020). Situasi Virus Corona. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Haryanto. (2012). http://belajarpsikologi.com/pengertian/pendidikan-menurut-ahli. Retrieved from http://belajarpsikologi.com: http://belajarpsikologi.com/pengertian/pendidikan-menurut-ahli

Moore, J. L.-D. (2010). E-learning online learning and Distance Learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol.4 No.2.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kencana.

Winkel, W. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Asyiah, A. N., Nursabrina, D. F., Akbar, F. N., Ramadhan, M. I. H., Rijal, M. K., & Odang, O. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi dengan Bimbingan Belajar di Rw.06 Kelurahan Manggahang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(32), 63–75. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/437

Issue

Section

Articles