Strategi Meningkatkan Minat Santri dalam Menghafal Al-Qur’an di MDT Al-Huda Kelurahan Cisaranten Kulon

Authors

  • Annisa Handayani Putri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Euisy Dwi Nur Fadhilah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farabi Avicena Zulkarnain Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Medinah Chodijah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

motivasi, menghafal Al-Qur’an, pembelajaraan kooperatif

Abstract

Al-Qur’an merupakan Kalamullah yang diturunkan kepada Rasulullah Saw. melalui perantara malaikat jibril dan membacanya bernilai ibadah. Al-Qur’an adalah pedoman dan sumber ajaran utama bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Kini, sudah banyak orang, baik dari kalangan anak-anak atau dewasa yang mulai menghafal Al- Qur’an atau bahkan sudah selesai menghafal Al-Qur’an mutqin 30 juz, baik itu secara individu maupun dalam sebuah lembaga pengajaran Al-Qur’an. Terdapat banyak aspek yang menunjang kemudahan dalam menghafal Al-Qur’an diantaranya: kemampuan dan tingkat kecerdasan, kapan waktu menghafal, motivasi dari diri sendiri dan lingkungan, kefashihan dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, dan yang paling pokok adalah kemauan dan ikhtiar yang kuat dari dalam diri sendiri. Terlebih lagi jika menghafal ayat suci Al-Qur’an dijadikan sebagai kegiatan belajar mengajar yang telah diprogramkan dalam suatu lembaga. Dengan demikian, setiap lembaga pendidikan harus benar-benar menjadikan Al-Qur’an sebagai pokok ajaran yang harus dipelajari, lebih khusus lagi lembaga yang terjung langsung di bidang pengajaran Al- Qur’an seperti TPA/TPQ/MDT. Membaca, menulis, menghafal, memahami isi kandungan dan menempatkan Al-Qur’an sebagai pegangan hidup merupakan kompetensi yang harus dimiliki setiap santri. Seorang pendidik harus bisa membangun semangat serta menempatkan anak sesuai pada kemampuannya. Kesulitannya adalah ketika tenaga pengajar yang sedikit, kemudian harus mengajar semua anak dalam  satu kelas, ditambah lagi kemampuan setiap anak berbeda-beda. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan memudahkan santri MDT Al Huda dalam menghafal Al-Qur’an menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian ini adalah para santri lebih semangat menghafal dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif

References

Bambang Budi Wiyono. (2008). Metodologi Penelitian Pendekatan Kualitatif dan Action Research. Malang: Fip Universitas Negeri Malang.

BPKB Jawa Timur. (2001). Modul Pendampingan. Surabaya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pertanian RI. (2004). Pendampingan Masyarakat. Jakarta.

Imron Arifin. (1995). Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada Press.

Makmun Khairani. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Meirani Agustina, Ngadri Yusro, dan Shaiful Bahri. (2020). Didaktika: Jurnal Kependidikan. STRATEGI PENINGKATAN MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RAHMAH CURUP, 2.

Muhaimin Zen. (1985). Tata Cara/Problematika Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Muhammad Quraish Shihab. (2003). Mukjizat Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Said Agil Husain Al Munawar. (2002). Al- Qur’an; Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Putri, A. H., Fadhilah, E. D. N., Zulkarnain, F. A., & Chodijah, M. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Santri dalam Menghafal Al-Qur’an di MDT Al-Huda Kelurahan Cisaranten Kulon. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(32), 26–37. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/434

Issue

Section

Articles