Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, Solutif, dan Partisipatif di Desa Cigondewah Hilir

Authors

  • Nabila Nur Salsabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Solihin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Pandemi, Permasalahan, Solusi

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kegiatan intrakurikuler yang memiliki tujuan memadukan pelaksanaan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi, melalui upaya pengerahan tenaga mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat di pedesaan. Program KKN di masa pandemi banyak dihadapkan dengan permasalahan yang kompleks di masyarakat. Permasalahan – permasalahan tersebut haruslah dapat di identifikasi mendapatkan solusi dan tindakan nyata dalam bentuk aksi. Tujuan dari KKN ini adalah untuk mengidentifikasi masalah di tengah masyarakat membantu mencarikan solusinya dan ikut serta dalam pegaplikasiannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mencari hasil dar indikator-indikator – indikator yang sudah ditentukan dalam angket. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menghadirkan pemikiran-pemikiran baru dan tindakan nyata dilapangan semua permasalahan akan bisa diselesaikan.

References

Hartiningrum, Esty, Safiil Maarif, dan Nahlia Rakhmawati. 2020. “Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis.” Comvice: Journal of community service 4(2): 37–42.

Heidemans, Nency A, Randy Lombogia, Inggrid C Siwu, dan Rendy C P Kenang. 2021. “Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Masa Pandemi Covid-19.” DEDICATIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 31–40.

Junaida, Erni. 2020. “Pengetahuan dan Pemanfaatan Limbah kain Perca Menjadi Masker Sebagai Pencegahan Covid-19.” BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 3(2): 108–13.

Maulana, Abdullah Muslich Rizal. 2020. “Pandemi dalam Worldview Islam; Dari Konsepsi ke Konspirasi.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 31(2): 307–23.

Moleong, Lexy J, dan PRRB Edisi. 2017. “Metodelogi penelitian.” Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Rasiman, Rasiman, dan Dina Prasetyowati. 2017. “EVALUASI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (KKN) UNIVERSITAS PGRI SEMARANG TAHUN 2016.” In SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016,.

Santosa, Djarot Heru. 2020. “Pemberdayaan masyarakat berkonsep pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam kegiatan kuliah kerja nyata Universitas Gadjah Mada di masa pandemi Covid-19.” In Unri Conference Series: Community Engagement, , 317–24.

Winarni, Endang Widi. 2018. “Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D.” Jakarta: Bumi Aksara..

Additional Files

Published

2021-11-03

How to Cite

Salsabila, N. N. ., & Solihin. (2021). Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, Solutif, dan Partisipatif di Desa Cigondewah Hilir. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(25), 101–113. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/420

Issue

Section

Articles