Peran Mahasiswa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi melalui Aspek Pendidikan, Keagamaan dan Sosial

Authors

  • wildan Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amung Ahmad Syahir Muharam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN DR, Keagamaan, Pemberdayaan, Pendidikan, Sosial

Abstract

Seiring dengan berjalanya waktu, perubahan zaman pun kian berbeda begitu pun dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang sebelumnya dilaksanakan secara full di lokasi tetapi dengan adanya pandemic covid-19 menjadi terbatas dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Dan saya pun tertarik untuk melakukan KKN-DR ini berlokasi di Desa cibaregbeg bertempatan di kampung cimanggu tr 04, yang mana di wilayah tersebut mengalami penurunan dalam segi pendidikan, sosial maupun keagamaan dikarenakan adanya pandemi ini. Dengan adanya KKN-DR ini untuk mengoptimalkan kembali kegiatan yang ada diwilayah tersebut dengan menggunakan Metode participation action research (PAR). Metode ini mengarahkan peneliti agar berupaya terhubung dengan agenda perubahan di tengah-tengah masyarakat dalam menciptakan kondisi yang diharapkan melalui partisipasi secara aktif. Dan hasilnya dari semua kegiatan yang telah dilaksanakan baik dari segi pendidikan, sosial, dan keagaman semuanya bedampak baik.

References

Darmalaksana, W. (2021). Semangat Sembuh Dari Paparan Covid dengan Basis keluarga: Studi Lapangan Masa PPKM. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah, H. P. (2020). Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 41.

Euis Kurniati, D. K. (2021). Analisis Peranan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Pendidikan Anak Usia Dini.

Kusuma, J. d. (2020). Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 1.

Luh Devi Herliandry, N. M. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan , 66.

Mirnawati, A. R. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan Informal , 62-71.

Qodim, H. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra denagn Satgas Covid-19. Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Downloads

Published

2021-11-17

How to Cite

Fauzi, wildan, & Muharam, A. A. S. (2021). Peran Mahasiswa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi melalui Aspek Pendidikan, Keagamaan dan Sosial. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(26). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/418

Issue

Section

Articles