Pemberdayaan Masyarakat Melalui Potensi Lingkungan Desa Sukarapih

Authors

  • Alisa Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Faisal sholahudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Intan Nurjanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novita Legiyandari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • R. Edi Komarudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan, Potensi, KRPL

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang diadakan setiap tahun di Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung, salah satu KKN dilaksanakan di Desa Sukarapih Kecamatan Sukarame dengansalah satu program yang berjudul “Pemberdayaan masyarakat melalui potensi lingkungan di Desa Sukarapih”. Kuliah Kerja Nyata ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan peran aktif masyarakat di sekitar. Pemberdayaan masyarakat adalah sebuah usaha sadar dari aparat pemerintah baik di tingkat desa maupun kabupaten terutama terhadap potensi yang ada di Desa Sukarapih. Lahan merupakan hal yang sangat penting di Indonesia khususnya dalam kegiatan pertanian dan bercocok tanam. Kawasan rumah pangan lestari (KRPL), adalah salah satu sistem penanaman tanaman, khususnya tanaman pangan yang meliputi sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat-obatan keluarga (toga) yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) ini meliputi sosialisasi kegiatan dan perencanaan, diskusi ataupun ceramah dan dengan melakukan demonstrasi kegiatan secara langsung kepada masyarakat. Penerapan sistem budidaya sederhana, penanaman tanaman obat dan buah -buahan di pekarangan rumah dapat menjadi solusi untuk menjadikan lahan pekarangan menjadi lebih produktif meskipun masih dalam skala yang kecil.

References

Adekunle, O. O. 2013. The Role of Home Gardens in Household Food Security in Eastern Cape: ACase Study of Three Villages in Nikonkobe Municipality. Journal of gricultural Science. Vol.5 (10): 67-76

Al Muhdhar, M.H.I. 2015. Pedoman Pengembangan Kampung Organik. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Ashari. Saptana. & Purwantini, T. B. 2012. Potensi dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Vol. 30. No. 1 Hal 13-30.

Badan Litbang Pertanian. 2012. Pedoman Umum Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Jakarta. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Kementerian pertanian. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Jakar ta:Kementerian Pertanian.

Made, Usman. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Optimalisai Lahan Pekarangan dengan Budidaya Sayuran Organik untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Sanchez, M.J.201 0 Defining and Measuring Environmental Consciousness. Revista

International De Sociologia (RIS), Vol.68. Pg:731-755.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Azizah, A. N., sholahudin, F., Nurjanah, I., Legiyandari, N., & Komarudin, R. E. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Potensi Lingkungan Desa Sukarapih. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(26). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/416

Issue

Section

Articles