Tahun Politik Desa Singajaya dalam Menghadapi Pemilihan Umum 2024

Authors

  • Georgy Rio Pratama UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemilu, PPS, Partai Politik

Abstract

Tahun politik merupakan tahun di mana secara umumnya masyarakat akan merayakan pesta demokrasi yang mana mereka akan memiliki hak suara dalam memilih dan menentukan partai atau aktor politik yang nantinya akan mempengaruhi kehidupan mereka untuk kedepannya. Tentu pemilihan partai atau aktor politik inilah yang menjadikan persiapan harus direncanakan jauh-jauh hari sebelum hari pemilihan telah tiba. Di mana Desa Singajaya merupakan salah satu desa di Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat yang merupakan salah satu desa dan sudah bersiap dalam menyambut datangnya pemilu 2024 nantinya. Ada banyak sekali pihak yang terlibat dalam menghadapi pemilu 2024 di Desa Singajaya ini, baik dari Panitia Pemungutan Suara (PPS), partai politik, maupun dari masyarakat itu sendiri. Tentu sudah ada banyak sekali pihak-pihak yang mulai mempersiapkan datangnya pemilu 2024 kali ini, seperti dari pihak PPS sudah mulai menetapkan Daftar Pemilih Tetep (DPT) dan melaksanakan sosialiasi dalam ranah Satlinmas, RT, dan RW. Kemudian dari partai politik sudah melakukan strategi pemenangan politiknya dalam penyebaran banner bakal calon yang nantinya akan berkompetisi dalam persaingan politik. Serta dari masyarakat sudah paham betul akan calon-calon mana saja yang nantinya akan maju dan layak untuk di pilih guna menjadi sosok aktor politik yang akan menjadi salah satu penghubung aspirasi kepentingan bagi mereka kedepannya.

References

Komisi Pemilihan Umum, Info Publik Pemilu 2019, 2019, https://pemilu2019.kpu.go.id/#/dprdkab/hitung-suara/.

Komisi Pemilihan Umum, Web KPU Kabupaten Bandung Barat, 2022, https://kab-bandungbarat.kpu.go.id.

Muh. Ma’sum Jafar, Pengaruh Citra Politik Terhadap Elektabilitas Calon Bupati 2018 Di Kabupaten Luwu, Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020, Hal.39.

Siti Amanah, Makna Penyuluhan dan Transformasi Perilaku Manusia, Jurnal Penyuluhan, Vol. 03 No. 01, (2007), Hal 64.

Sukma Fitrianingrum, Munadi, Pengaruh Keberagaman Agama Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Desa Buntu (Studi Kasus Pada Pemilihan Umum Bupati Wonosobo 2020), Unnes Political Science Journal, Vol. 6 No. 02, (2022), Hal. 64.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Pratama, G. R. (2024). Tahun Politik Desa Singajaya dalam Menghadapi Pemilihan Umum 2024. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/403-412

Issue

Section

Articles