Pendampingan Belajar Siswa SDN 3 Karangbenda Sebagai Solusi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Yusron Firdaus UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ida Fauziyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Wulan Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yusi Salma UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendampingan Belajar, Pandemi, Covid-19, KKN-DR

Abstract

Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi angka penyebaran covid 19 yang salah satunya dengan menerapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan atau sistem online sejak maret 2020. Salah satu kendala yang dirasakan siswa biasanya adalah kesulitan dalam mengerjakan tugas, karena terdapa siswa yang kurang paham terhadap tugas yang diberikan guru. KKN-DR SISDAMAS 2021 mengadakan program kerjaberupa pendampingan belajar dari rumah dan dari sekolah (ketika sudah diizinkan tatap muka oleh pemerintah) bagi siswa SDN 3 Karangbenda. Tujuan program kerja ini adalah untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, khususnya pada saat daring.

 

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, N. (2010). Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi (Studi di Panti Asuhan Yatim Putra Islam Berbah Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimiewa Yogyakarta). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Handarini, o. I., & wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) Selama pandemi covid 19. Jurnal Administrasi perkantoran. 8(3).

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta : Nuha Litera.

Mulyono Abdulrahman. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Safrudin, H. (2014). Pengaruh Pelayanan Bimbingan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Bimbingan Konseling, IKIP Veteran Semarang. 2 (1), 63

Tarwiah, V.J. (2012). Pengaruh Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri Godean, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Thahir, A. & Hidriyanti, B. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), Universitas Islam Negeri Raden Inten Lampung. 1 (2), 2

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Firdaus, M. Y. ., Fauziyah, I., Sari, A. W. ., & Salma, Y. . (2021). Pendampingan Belajar Siswa SDN 3 Karangbenda Sebagai Solusi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(33), 19–30. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/402

Issue

Section

Articles