Membangun Masyarakat Sadar Hukum dalam Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 dan Penguatan Pelaksanaan Pembelajaran Daring

Authors

  • Amalia Ramadan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Ichsana Nur UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Pengabdian, Sadar Hukum

Abstract

Pandemi Covid-19 menimbulkan banyak dampak pada berbagai bidang kehidupan termasuk pembiasaan hidup di era new normal dan bidang pendidikan. Akibat pandemi ini juga turut serta berdampak pada kegiatan KKN, dimana tahun ini kegiatan KKN dilakukan dari rumah dengan menggunakan metode berbasis pemberdayaan masyarakat atau Sisdamas. Adanya persoalan akibat pandemi yang dirasakan masyarakat diantaranya adalah kurangnya kesadaran dalam melaksanakan protokol kesehatan dan melemahnya kegiatan pembelajaran akibat pandemi Covid-19. Dengan tujuan yang berfokus membangun kesadaran masyarakat dalam penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dan membantu penguatan pendidikan selama masa pandemi. Diharapkan masyarakat yang sudah teredukasi dapat terus menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dan membangun semangat pelajar dalam menjalani pendidikan. Berbagai macam program kerja yang diselenggarakan tentu memberikan banyak pengalaman baru bagi penulis dimana kegiatan-kegiatan tersebut mendapat dukungan dan apresiasi luar biasa dari berbagai pihak dan menjadi ajang bertukar fikiran bersama masyarakat setempat dalam memecahkan berbagai persoalan yang terjadi.

 

References

Aulia Nafrin, Irinna dkk. 2021. Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 9 No. 2, 457.

Hasibuan, Daniel M. T., Mendrofa, H. K., dkk. 2020. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 3 (2), 387-393.

Hasibuan, Zulkarnain. 2014. Kesadaran hukum dan Ketaatan Hukum Masyarakat Dewasa Ini, Jurnal Publik, Vol. 2 No. 2, 80.

Isnawan, Fuadi. 2021. Kesadaran dan Ketaatan Hukum Masyarakat Untuk Memakai Masker Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Bedah Hukum, Vol. 5 No. 1, 33-43.

Mutia Fitri, Bella dkk. 2020. Penerapan Protokol Kesehatan Era New Normal dan Risiko Covid-19 Pada Mahasiswa. Jurnal Riset Informasi Kesehatan, Vol. 9 No. 2, 145.

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Retnonigsih Anna Suharso. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. lux: Semarang.

Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Ramadan, A. ., & Nur, M. I. . (2021). Membangun Masyarakat Sadar Hukum dalam Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 dan Penguatan Pelaksanaan Pembelajaran Daring. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(33), 1–11. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/400

Issue

Section

Articles