KKN-DR Sisdamas : Solidaritas dan Kepekaan Sosial Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Terhadap Warga Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia)

Authors

  • Rita Elly Syamsiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nita Fu’adah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dina Fauziah N UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Firdha Nurul Ihlas UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Babay Suhaemi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Sosial, Pengabdian, Masyarakat, COVID-19

Abstract

Mahasiswa sebagai salah satu Agen of Change atau agen dalam perubahan dan kampus sebagai salah satu agen intelektual yang memiliki tugas atau dasar dalam Tri Dharma perguruan tinggi terpanggil untuk turut berkontribusi bersama masyarakat dalam menghadapi wabah COVID-19. Oleh karena itu, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah berbasis pemberdayaan masyarakat (KKN DR-SISDAMAS). Tanggap wabah COVID-19 ke berbagai tempat khususnya sekitar tempat kelahiran atau tempat dimana kami tinggal dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 dan Pengabdian Masyarakat.

Mutu dari dari KKN DR-SISDAMAS ini bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dalam mengabdi, meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya COVID-19, pentingnya mematuhi protokol kesehatan, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam keikutsertaan vaksinasi COVID-19, serta mendorong pengetahuan masyarakat dibidang keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, dan sumber daya alam.

Dengan melaksanakan pendampingan edukasi secara langsung kelapangan sambil memberi contoh pada masyarakat seperti penggunaan masker, mencuci tangan yang baik, dan mematuhi protokol kesehatan adalah salah satu upaya besar supporting pemahaman masyarakat terkait COVID-19. Selain itu, dengan dilaksanakannya program supporting pemahaman masyarakat tekait COVID-19 disisi lain terdapat program di sektor ekonomi yang mengajak masyarakat untuk mengembangkan wirusaha online, gerakan membeli di warung/petani, tetangga, dan inisiasi sistem pre order dan order bagi warung kecil dan lain-lain.

References

Kurniawan, K. N. (2020). Kisah Sosiologi. Jakarta: Obor Indonesia

Hanoatubun, S. (2020). Dampak COVID – 19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology and Counselling, 147.

Retima, R. P. (2019). Kepekaan Sosial Anak Usia Dini Berdasarkan Pada Tingkat Pndidikan Orangtua di PAUD Islam Al Madina. Semarang.

Organization, W. H. (2008). International health regulations (2005). World Health Organization.

Saidang & Suparman. 3 (2), (2019) - 123. Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar STKIP Muhammadiya Enrekang : Edumaspul, Jurnal Pendidikan.

Luz, P.M., H. E. Brown, and C. J. Struchiner. 2019. Disgust as an Emotional Driver of Vaccine Attitudes and Uptake? A Mediation Analysis. Epidemiology and Infection.

Hendra. (2007). Permasalahan umum kesehatan anak usia sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan RI: Buku Saku Pelaksanaan PHBS Bagi Masyarakat di Wilayah Kecamatan.,(2008).

Ashar, A. H., Utoyo, B., & Agina, P. (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Cuci Tangan dengan Sikap Cuci Tangan pada Anak di SDN 2 Rogodono Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen (Stikes Muhammadiyah Gombong).

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. March, 113–115.

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing Online Learning Facing the Covid -19 Outbreak. 12(3), 385 - 392.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Elly Syamsiah , R. ., Fu’adah, N. ., Fauziah N, D. ., Nurul Ihlas, F. ., & Suhaemi , . B. . (2021). KKN-DR Sisdamas : Solidaritas dan Kepekaan Sosial Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Terhadap Warga Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 182–195. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/394

Issue

Section

Articles