Pemberdayaan Karang Taruna Dusun Dampit Sebagai Pionir Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rija Nurfalah Silmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ira Nurullita Haris UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Destriani Khaerunnisa Lubis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhimas Aziz Rachmanhadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikri Alwi Misbahuddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Anugrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

organisasi, pemberdayaan, anak muda, Karang Taruna, pandemi

Abstract

Karang Taruna merupakan bentuk keorganisasian kepemudaan ditingkat Masyarakat, Demi membantu menurunakn angka kenaikan dampak pandemic Covid-19, dilaksanakannya berbagai upaya terbaik untuk merespons dampak pandemi di desa adalah dengan memastikan kesehatan warga dan menjaga kesempatan mereka untuk bekerja sehingga tetap berdaya. Namun dengan realita yang ada, peranan anak muda khusunya Karang Taruna, tidak sedit dari beberapa wilayah yang kurang aktif berorganisasi bahkan tidak aktif sama sekali, karena pada usianya, anak muda memfokuskan dirinya kepada pergaulan yang ia jalani dengan teman-teman sebayanya khusunya karang Taruna Dusun Dampit yang mengalami masalah yang serupa. Pelaksanaan kegiatan KKN ini dilakukan secara luring (luar jaringan) Adapun tahapan yang dilakukan adalah tahapan social reflection (diskusi dan koordinasi dengan pihak Karang Taruna), tahapan social mapping (membuat struktur penggerak), tahapan participation planning (penyusunan program), dan tahap action (pelaksanaan kegiatan). Tujuan pemberdayaan karang Taruna ini adalah untuk meningkatkan kembali semangat muda yang masih dimiliki oleh Karang Taruna dusun Dampit sebagai pionir utama masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah Meningkatnya pengetahuan Karang Taruna terhadap organisas, Meningkatnya kesadaran Karang Taruna sebagai pionir Masyarkat, Terealisasikannya bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui Karang Taruna di Lingkungan Dusun Dampit.

References

Budiani, N. W. (2017). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Sosial (INPUT), 2(1), 49–57.

Halike, Y. B. (2017). Masa Muda Adalah Momentum yang Menentukan Masa Depan Generasi Bangsa.

Ibeng, P. (2021). Seminar dan Pengertiannya. In pengertian seminar.

Katriana. (2020). Upaya Desa mewujudkan ketahanan hadapi pandemi COVID-19.

Kawalod, F., Rorong, A., & Londa, V. (2015). Peranan Organisasi Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa (Suatu Studi Di Desa Tewasen, Desa Pondos, Desa Elusan, Desa Wakan Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan). Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 3(031), 1379.

Kurniasari, D. (2016). PERANAN ORGANISASI KARANG TARUNA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GENERASI MUDA DI DESA NGEMBALREJO. Unnes Civic Education Journal, Vol 2 no 2.

Netting, F; Petter, M; L, S. (2017). Social Work Macro Practice (Connecting Core Competencies) 6th Edition. Michigan: Western Michigan University.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Nurfalah Silmi, R. ., Nurullita Haris, I. ., Khaerunnisa Lubis , D. ., Aziz Rachmanhadi , D. ., Alwi Misbahuddin , F. ., & Anugrah , D. . (2021). Pemberdayaan Karang Taruna Dusun Dampit Sebagai Pionir Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 166–181. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/392

Issue

Section

Articles