1 “SAINSPEDIA” Program Pembelajaran Islam Terintegrasi Sains Di Madrasah Al-Mubarokah Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung

Authors

  • Tiara Ratna Rismayanti UIN Sunan Gunung Djati
  • Anisa Nurhasanah UIN Sunan Gunung Djati
  • Muna Mumtazah UIN Sunan Gunung Djati
  • Ana Widiana UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

Biologi, kimia, sains, dan sainspedia

Abstract

Sains merupakan salah satu indikator kemajuan dan perkembangan zaman. Khususnya pengenalan sains dalam ruang lingkup kimia dan biologi yang berdampak pada peningkatan pengetahuan sains dalam sejarah islam dan sikap baik yang diterapkan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengenalan sains dengan konsep integrasi islam-sains dalam ruang lingkup kimia dan biologi yang dinamakan sainspedia.Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengembangkan pemahaman mereka tentang hubungan antara sains, agama, dan nilai-nilai moral, serta mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan dengan pemahaman yang lebih mendalam.Jenis metode yang digunakan yaitu dengan melaksanakan kegiatan mengajar dalam bentuk pemaparan,tayangan video, kuis, game, dan percobaan sederhana yang berkonsep terhadap  pembelajaran sains aspek kimia & Biologi yang berintegrasi terhadap islam, dengan tiga tahap pelaksanaan yaitu perencanaan partisipatif, penenntuan waktu kegiatan, dan pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil mengajar dalam kegiatan ini terdapat dampak pada tingkat intelektual mereka sehingga mereka dapat  menghubungkan pengetahuan sains dengan nilai-nilai etika Islam dan juga terlatih dalam berpikir kritis, analitis, dan mengambil keputusan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

References

Ahmad, A. F. (2007). Kisah Para Nabi dan Rasul. Jakarta: Pustaka As-Sunnah.

Chanifudin, & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam Dalam Pembelajaran. Asatiza, 212-229.

Gee, J. P ;. (2003). What Video Games Have to Teach Us About Learning and Literacy. Computers in Entertainment (CIE), 1(1), 20-20.

Imritiyah, Siti;. (2016). kajian Hadis - Hadis Adab Makan dan Minum ; Perspektif Ilmu Kesehatan. Skripsi .

Kurniasari, Desy, Indah, S. N., & Khofya , H. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Reaksi Redoks Dan Elektrokimia Terhadap Rahasia Kekuatan Benteng Besi Iskandar Zulkarnain . Walisongo Journal of Chemistry, 26-39.

Laeli, Nur ;. (2014). Pesan Moral Kisah Nabi Yunus Menurut Musafir Modern Indonesia. Skripsi.

Lailiyah, S. (2018). Pentingnya Membangun Pendidikan Sains Yang Relevan dengan Ajaran Islam. Kajian Pendidikan Sains, 10.

Perasetya, S. P. (2010). Matahari. Surabaya: UNESA.

Putry, Hesty Maulida Eka;. (2020). VIDEO BASED LEARNING SEBAGAI TREN MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah Vol. 5 No. 1, 1-24.

Rahmah, N. M. (2022). Etika Makan Nabi Dalam Perspektif Sains Medis. PROSIDING KONFERENSI INTEGRASI INTERKONEKSI ISLAM DAN SAINS, 6.

RI, D. A. (2000). Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. DEPAG, 23.

Roediger; , Karpicke,;. (2006). Test-enhanced learning: Taking memory tests improves long-term retention. Psychological Science, 17(3), 249-255.

Susanti, R. (2019). PENANAMAN SEJARAH ISLAM PADA ANAK USIA DINI . 26.

Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal , S., & Suarsini, E. (2017). Improving Creative Thingking Skills of Students through Differentiated Science Inquiry Integrated with Mind Map. Journal of Turkish Science Education , 77-91.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Tiara Ratna Rismayanti, Nurhasanah, A., Mumtazah, M. ., & Widiana, A. . (2024). 1 “SAINSPEDIA” Program Pembelajaran Islam Terintegrasi Sains Di Madrasah Al-Mubarokah Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 1–13. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3910

Issue

Section

Articles