5 Pembuatan Tempat Sampah Organik dan Anorganik Sebagai Wujud Implementasi Pemilahan Sampah di Desa Patengan

Authors

  • Fia Fatmawati UIN Sunan Gunung Djati
  • Ichwan Bagus Febrianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sipa Mualipah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ana Widiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Permasalahan yang dihadapi masyarakat RW 03 Desa Patengan, yakni sekitar 80% warga masyarakat tidak menyediakan tempat sampah baik untuk keperluan penyimpanan sampah rumah tangga maupun sampah yang ada di sekitar kampung atau di pinggir jalan. Hal ini mengakibatkan suasana perkampungan menjadi kurang bersih dan sehat. Sampah berserakan di pekarangan rumah warga dan di pinggir jalan. Penerapan pengelolaan sampah organik dan anorganik bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat serta peran aktif masyarakat dalam mempertahankan kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Metode yang dilakukan adalah (1) perencanaan (plan) dengan bantuan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi riil dampingan; (2) tindakan (action) yang mana kami sebagai fasilitator dan dilakukan demonstrasi kecil sebagai pilot project; (3) pengamatan (observe) sebagai kelanjutan (sustainable) dari analisis SWOT guna menyelesaikan problematika yang terjadi di masyarakat dampingan; (4) refleksi (reflect). Hasil kegiatan ini, yaitu memberi dorongan kepada masyarakat untuk sadar akan membuang sampah pada tempatnya, terbentuknya kelompok masyarakat yang sadar akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dan sebanyak 6 set tempat sampah berbahan dasar galon bekas untuk digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

References

Dinas Lingkungan Hidup. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) (Dinas Lingkungan Hidup) Tahun 2022. LKIP Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bandung, 2023.

Ma’sumah, Mufidatul, and Chepty Kinasih. “PEMBUATAN TONG SAMPAH ANORGANIK DAN ORGANIK ‘TOSAMANOR’ DI DUSUN PARAS DESA MULYOARJO KECAMATAN LAWANG KABUPATEN MALANG.” Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 2023, 15–21.

Mahadewi, Kadek Julia, Ni Komang Ayu Candrawati, Ni Kadek Ika Darma Yanti, I Wayan Agus Sumartana, and Ni Putu Asri Nilayanti. “Pengadaan Tempat Sampah Sebagai Wujud Implementasi Pemilahan Sampah Di Desa Marga Dajan Puri.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 3 (2022): 485. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.38146.

O’Brien, F. “Supporting the Strategy Process: A Survey of UK OR/MS Practitioners.” Journal of the Operational Research Society 62, no. 5 (2011): 900–920.

Talu, Adriani TI, and Maria DV Banggur. “Pembuatan Tong Sampah Berbahan Dasar Bambu: Peguatan Budaya Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Desa Kakor.” Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 3 (2020): 158–64. https://doi.org/10.36928/jrt.v3i3.632.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Fia Fatmawati, Ichwan Bagus Febrianto, Sipa Mualipah, & Ana Widiana. (2024). 5 Pembuatan Tempat Sampah Organik dan Anorganik Sebagai Wujud Implementasi Pemilahan Sampah di Desa Patengan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 50–57. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3904

Issue

Section

Articles