Pentingnya Menjaga Gigi Pada Anak melalui Percobaan Ilmiah

Authors

  • Fitria Listi Novianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ima Nurul Imaniah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Pipi Oktaviani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ana Widiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Eksperimen, Gigi, Kesehatan, Sosialisasi

Abstract

Kesehatan mulut adalah indikator utama kesehatan secara keseluruhan, kesejahteraan dan kualitas hidup. Rancabali merupakan salah satu kampung yang berada di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Akses kesehatan di kampung ini seperti masih terbatas sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan masih kurang. Salah satunya kesadaran anak terhadap kesehatan gigi dan mulut. Program sosialisasi berbasis percobaan pada anak-anak SDN Rancabali ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan gambaran kepada anak mengenai gigi berlubang yang diakibatkan oleh mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan gigi berlubang, salah satunya mengandung asam berlebih. Metode pelaksanaan dilakukan melalui empat tahap, yaitu identifikasi permasalahan di lingkungan masyarakat sekitar, melakukan diskusi dengan kelompok dan penyusunan rencana kegiatan, dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan, lalu melakukan evaluasi terhadap program yang telah dilaksanakan. Hasil kegiatan ini, siswa dapat mengilustrasikan bagaimana asam dapat merusak lapisan gigi, yang serupa dengan bagaimana asam merusak lapisan kulit telur melalui pemeriksaan kuesioner yang telah dibagikan. Siswa juga dapat membedakan bahan makanan yang mengandung asam menggunakan kertas lakmus dan indikator alami yang dituangkan melalui laporan kerja siswa (LKS).

References

Ariyanti, Inda. “FORTIFIKASI TEPUNG CANGKANG TELUR PADA ROTI MANIS UNTUK OPTIMALISASI KANDUNGAN KALSIUM DAN MUTU ORGANOLEPTIK.” Bussiness Law binus. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020.

Au-Yeung, Martin, Kelin Hou, Leanne Lam, dan Andrew Yong Ton. “The Effect of Acidity Levels on Eggshells.” The Expedition 10, no. James 1237 (2020).

Ensiklopedia bebas. “Patengan, Rancabali, Bandung.” Wikipedia Bahasa Indonesia, 2020.

Pandanaran, Hermina. “Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini,” 2021. https://www.herminahospitals.com/id/articles/pentingnya-menjaga-kesehatan-gigi-anak-sejak-dini.html.

Pramana, Edy. “Hanya 7 Persen Anak Indonesia yang Bebas Gigi Berlubang dan Karies,” 2022. https://www.jawapos.com/kesehatan/01410015/hanya-7-persen-anak-indonesia-yang-bebas-gigi-berlubang-dan-karies.

World Health Organization Newsroom. “Oral Health,” 2023.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Novianti, F. L. ., Imaniah, I. N. ., Oktaviani, P., & Ana Widiana. (2024). Pentingnya Menjaga Gigi Pada Anak melalui Percobaan Ilmiah . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 12–18. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3903

Issue

Section

Articles