Literasi Digital dalam Kehidupan Sehari-hari : Studi Kasus Pemanfaatan Teknologi oleh Siswa SMA/K di Desa Cihampelas

Penulis

  • Afip Nurlatifah

Kata Kunci:

Desa Cihampelas, Seminar Literasi Digital, Pemahaman, Kesadaran, Pentingnya, Dunia Digital

Abstrak

Laporan ini merangkum hasil dari seminar literasi digital yang diadakan pada tanggal 12 Agustus 2023 di Aula Desa Cihampelas. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta tentang pentingnya literasi digital dalam era modern yang semakin terhubung secara digital. Peserta seminar berasal dari berbagai latar belakang, termasuk siswa, guru, dan Masyarakat. Mereka diberikan kesempatan untuk belajar tentang berbagai aspek literasi digital, termasuk penguasaan dasar-dasar teknologi, keamanan digital, kritikalitas terhadap informasi online, pemahaman hak dan kewajiban dalam dunia digital dan dampak etis dari penggunaan teknologi. Hasil dari seminar ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan yang ada dalam dunia digital. Peserta sekarang lebih sadar akan resiko dan manfaat teknologi digital, serta memiliki alat yang diperlukan untuk berperilaku secara etis dan bertanggung jawab dalam lingkungan digital.  Selain itu seminar juga menciptakan kesadaran yang lebih luas tentang pentingnya literasi digital pada siswa/I, dan kami berharap bahwa ini akan menjadi Langkah awal menuju pelajar yang lebih aman dan bijak dalam menggunakan teknologi.

 

Kata Kunci: Desa Cihampelas, Seminar Literasi Digital, Pemahaman, Kesadaran, Pentingnya, Dunia Digital.

Referensi

Anwari & Java Creativity. (2010). 10 Mesin Pencari Paling Dashyat. Jakarta: Elex Media Komputindo

American Library Association. “Digital Literacy Definition,” ALA Connect Web. diakses Januari 2, 2018, http://connect.ala.org/node/181197.

Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur penelitian, Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, “Literasi Informasi dan Literasi Digital,” Sulistyo-Basuki’s (blog), https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi- informasi-dan-literasidigital/.

Common Sense Media. (Akses melalui https://www.commonsensemedia.org/)

Hayes, Heather B., dan Dousay, Tonia A. (2019). “Digital Literacy in the classroom : Teaching the internet Generation” Routledge

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-20

Cara Mengutip

Nurlatifah, A. . (2023). Literasi Digital dalam Kehidupan Sehari-hari : Studi Kasus Pemanfaatan Teknologi oleh Siswa SMA/K di Desa Cihampelas. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 222–228. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3880