Moderasi Beragama; Peran Ormas NU dan Persis dalam menciptakan Ukhuwah Islamiyyah pada Masyarakat Dusun Liangbuaya Utara Desa Kotasari Subang

Authors

  • Mohamad Farhan Alfarizi mahasiswa
  • Alya Hernitha Syahdan
  • Maulana Rizqy
  • Dr. Rohanda, M.Ag., MQM.

Keywords:

NU, Persis, Ukhwah Islamiyah, KKN Reguler Sisdamas

Abstract

KKN Reguler Sisdamas Moderasi Beragama adalah program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan oleh universitas, yang difokuskan pada pengabdian masyarakat didaerah tertentu.  dengan tujuan memberikan pemberdayaan kepada masyarakat setempat. KKN Reguler Sisdamas dilaksanakan tanggal 11 Juli – 19 Agustus2023 dan berlangsung dalam kurun waktu 40 hari di Dusun Liang Buaya Utara, Desa Kotasari, Kecamatan Pusakanagara. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi literatur. Artikel ini menjelaskan dua aliran utama dalam Islam di Dusun Liang Buaya Utara Desa Kotasari dalam menjujung Ukhuwah Islamiyyah, yaitu Aliran Persis NU (Nahdlatul Ulama) dan Persis (Persatuan Islam), yang menekankan pada aspek-aspek puritanisme Islam, reformasi sosial, dan pendidikan. Di sisilain, NU, mengedepankan tradisi Islam yang lebih moderat dan tradisional .

Kata Kunci:  NU, Persis, Ukhuwah Islamiyyah, KKN Reguler Sisdamas

References

makmun, S. (2019). Ukhuwah Islamiyah dalam pandangan Al-Qur'an (Kajian Tematik Al-Qur'an Surat Al-Hujurat:10-13). Skripsi, 57.

Qodim, H. (2023). Petunjuk teknis Kuliah Kerja Nyata KKN Sisdamas Moderasi Beragama. bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Alfarizi, M. F., Alya Hernitha Syahdan, Maulana Rizqy, & Dr. Rohanda, M.Ag., MQM. (2024). Moderasi Beragama; Peran Ormas NU dan Persis dalam menciptakan Ukhuwah Islamiyyah pada Masyarakat Dusun Liangbuaya Utara Desa Kotasari Subang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 115–123. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3876

Issue

Section

Articles