Pengaruh Manajemen Pengelolaan Tenaga Kependidikan Terhadap Kegiatan Pembelajaran di TPQ An-Nahdiyah Darurrohman

Penulis

  • Siti Ulfah Masfurroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • D. Fatimah Azzahra
  • Muhammad Faiz Ramadhan
  • Dr. Rohanda, M.AG., MQM

Kata Kunci:

Manajemen, Tenaga Kependidikan, Pembelajaran.

Abstrak

Dalam bidang pendidikan, tenaga pengajar dan tenaga kependidikan merupakan dua profesi yang saling berkaitan, walaupun ruang lingkupnya berbeda. Pendidik dan aparat pendidikan memegang peranan strategis dalam upaya pembentukan jati diri bangsa dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), di era globalisasi persaingan global semakin ketat akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Oleh karena itu, hal ini menjadikan sumber daya manusia sebagai aspek yang penting. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sendiri merupakan tantangan tersendiri bagi para pendidik dan tenaga kependidikan. Mereka harus mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, perlu adanya mekanisme manajemen untuk menciptakan kondisi bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan keterampilannya di bidang pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Manajemen di atas meliputi sistem manajemen, pelatihan dan pengembangan tenaga pengajar dan kependidikan. Pengelolaan, pengembangan dan penumbuhan tim pengajar dan kependidikan sendiri bertujuan untuk mengkoordinasikan secara efektif kegiatan tim pengajar dan kependidikan dengan tujuan untuk menciptakan tim pengajar/kependidikan yang handal dan menyelenggarakan pendidikan secara efektif dan efisien.

Kata Kunci: Manajemen, Tenaga Kependidikan, Pembelajaran.

Referensi

Burhanuddin, Afid. “Pengelolaan Tenaga Pendidik/Kependidikan.” Wordpress.Com, January 12, 2014. https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/02/06/pengelolaan-pembinaan-dan-pengembangan-tenaga-pendidikkependidikan/.

Nurussalami, Nurussalami. “Pengelolaan Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id, n.d. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/14769/0.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Siti Ulfah Masfurroh, D. Fatimah Azzahra, Muhammad Faiz Ramadhan, & Dr. Rohanda, M.AG., MQM. (2023). Pengaruh Manajemen Pengelolaan Tenaga Kependidikan Terhadap Kegiatan Pembelajaran di TPQ An-Nahdiyah Darurrohman. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 366–377. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3860