Sosialisasi Pencegah Nyamuk Aedes Aegypti pada Saluran Air Warga Dalam Upaya Mencegah Penyakit DBD di Desa Kotasari

Penulis

  • Faishal Fadhilah Faishal Fadhilah
  • Nurbaity Fahadzriyah UIN Sunan Gunung Djati
  • Azhar Ardiawan UIN Sunan Gunung Djati
  • Dr. Rohanda, M.Ag UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Aedes Aegypti, Demam Berdarah (DBD), Sosialisasi

Abstrak

Aedes Aegypti atau Nyamuk Demam Kuning adalah jenis nyamuk yang dinilai sebagai penyebar penyakit, salah satu penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti adalah Demam Berdarah (DBD). Menurut data, pada periode bulan Januari – Juli 2023, sebanyak 42.690 orang terinfeksi DBD dan 317 orang meninggal. Hal ini menjadikan demam berdarah sebagai salah satu sorotan masyarakat terkhusus pada daerah yang berdekatan dengan lahan pertanian. Kotasari merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Subang, berbatasan dengan kota Indramayu, Kotasari menjadi salah satu desa yang menjadikan pertanian sebagai salah satu sumber pencaharian utama. Dengan izin dan anjuran puskesmas, kelompok Kuliah Kerja Nyata 312 melaksanakan sosialisasi dan pengecekan penampungan air yang dilaksanakan secara door to door. Harapan desa terhadap masyarakat adalah terhindar dari segala penyakit dan tetap konsisten menjaga Pola Bersih Hidup dan Sehat.

Referensi

Berliana dkk. 2019. Pengelolaan Sampah Plastik di Salatiga: Praktik dan Tantangan. Jurnal Ilmu Lingkungan.17(1), 91.

Dewi, Yusma & Trisno Rahajo. 2019. Aspek Hukum Bahaya Plastik terhadap Kesehatan dan Lingkungan serta Solusinya. Jurnal Kosmik Hukum, 19(1), 23.

Paeno dkk. 2020. Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 60.

Karyanti, Mulya Rahma dan Sri Rezeki Hadinegoro. 2009. “Perubahan Epidemiologi Demam Berdarah Dengue di Indonesia” dalam Sari Pediatri, Vol. 10, No. 6, hlm. 424-432.

Susilowati, Indah Tri dan Endang Widhiyastuti. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue dengan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Pemanfaatan Bahan Herbal”, dalam Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 3, No. 2, hlm. 237–243.

Soedarto. 2012. Demam Berdarah Dengue Dengue Haemorrhagic Fever. Jakarta: Sagung Seto.

Direktorat Jenderal PP dan PL. 2008. Modul Pelatihan bagi Pelatih Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah (PSN-DBD) dengan Pendekatan Komunikasi Perubahan Perilaku (Communication for Behavioral Impact). Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Fadhilah, F., Nurbaity Fahadzriyah, Azhar Ardiawan, & Dr. Rohanda, M.Ag. (2023). Sosialisasi Pencegah Nyamuk Aedes Aegypti pada Saluran Air Warga Dalam Upaya Mencegah Penyakit DBD di Desa Kotasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 352–365. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3859