Membentuk Masyarakat Peduli Lingkungan dengan Membersihkan Area Sumber Mata Air dan Selokan

Penulis

  • Kiki Fatmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kiki Fatmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Susanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rohanda UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Desa Kotasari

Abstrak

Abstrak

Penelitian yang di lakukan oleh mahasiswa KKN ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat sekitar khususnya di Dusun Liangbuaya Utara,Desa Kotasari, Subang akan pentingnya peduli lingkungan dengan membersihkan area sumber mata air dan selokan.  Mahasiswa KKN melakukan kegiatan ini dengan mendatangi rumah warga setempat di dusun liangbuaya utara. Sumber mata air di liangbuaya utara terdapat dua jenis yaitu sumur galian dan sumur bor. Warga tidak pernah mengalami kekeringan, hanya debit airnya yang berkurang. Hal ini di sebabkan oleh cuaca yang panas. Walaupun adanya penyusutan air, namun airnya selalu mengalir sepanjang tahun. Akan tetapi sumber air memiliki kualitas yang kurang baik,hal ini dikarnakan banyaknya sampah yang sudah tertimbun dan lokasi yang berada dekat dengan laut sehingga menyebabkan adanya rasa sedikit asin yang terkandung di dalam air. Kehadiran sampah merupakan salah satu persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Keberadaan sampah tidak diinginkan bila dihubungkan dengan faktor kebersihan, kesehatan, kenyamanan dan keindahan (estetika). Tumpukan onggokan sampah yang mengganggu kesehatan dan keindahan lingkungan.

 Kata Kunci: Lingkungan,Bersih,Sehat

Referensi

Basriyanta. 2007. Memanen Sampah. Yogyakarta: Kanisius.

Bioedukasi, Jurnal, Jailan Sahil, Mimien Henie, Irawati Al Muhdar, Fachtur Rohman, and Istamar Syamsuri. 2016. “Sistem Pengelolaan Dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate” 4 (2).

Fajar Wibisono, Arif, and Piana Dewi. 2014. “SOSIALISASI BAHAYA MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN DAN MENENTUKAN LOKASI TPA DI DUSUN DELES DESA JAGONAYAN KECAMATAN NGABLAK” 3 (1).

Pengelolaan, Analisis, Persampahan Perkotaan, Sudi Kasus Pada, Kelurahan Boya,

Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, and Mohamad Rizal. n.d. “Ek SIPIL MESIN ARSITEKTUR ELEKTRO.”

Rahmawati, Lusia, and Handika Setya. n.d. “Titen: Jurnal Pengabdian Masyarakat PENDAMPINGAN MASYARAKAT DESA GONDANG DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR.”

https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1322.

Riswan, Henna Rya Sunoko, and Agus Hadiyanto. 2015. “Kesadaran Lingkungan.” Jurnal Ilmu Lingkungan 9 (1): 31–39. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmulingkungan/article/view/2085.

Suyoto, Bagong. 2008. Rumah Tangga Peduli Lingkungan. Jakarta: Prima Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Fatmawati, K., Fatmawati, K., Susanti, & Rohanda. (2023). Membentuk Masyarakat Peduli Lingkungan dengan Membersihkan Area Sumber Mata Air dan Selokan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 395–407. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3855