Urgensi Pemahaman Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah di Desa Kotasari

Urgensi Pemahaman Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah di Desa Kotasari

Authors

  • mochamad ilhami fathurrachman mahasiswa
  • Adib Akmalul Amri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fani Alika Fatma Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Desa Kotasari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan dampak yang baik terhadap edukasi tentang permasalahan sampah kepada masyarakat dan cara mengelola sampah itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menerapkan conclusion drawing atau melakukan pembahasan dan menarik simpulan umum dan studi literatur (library research) dengan mengumpulkan informasi dan menggabungkan beberapa teori serta menelaah beberapa referensi seperti jurnal, artikel, dan website yang berkaitan dengan urgensi pemahaman masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Hasil pengabdian ini yaitu tong pembakaran sampah. Tong ini merupakan tempat membakar sampah yang ekonomis, efisien dan aman. Efisien karena semua sampah bisa dimusnahkan bahkan bisa dibuat menjadi barang yang bernilai jual seperti paving blok misalnya dan tong ini juga ramah lingkungan karena cerobong ini minim menghasilkan asap sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Simpulannya yaitu sampah adalah permasalahan yang besar khususnya di Desa Kotasari. Mayoritas warga di Desa Kotasari masih perlu mendapatkan edukasi tentang bagaimana menjaga lingkungan dan pengelolaaan sampah yang baik. Maka dari itu, kami berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang sampah dan juga membuat alat untuk memusnahkan sampah tersebut dengan minim pencemaran.

References

Basriyanta. 2007. Memanen Sampah. Yogyakarta: Kanisius.

Bioedukasi, Jurnal, Jailan Sahil, Mimien Henie, Irawati Al Muhdar, Fachtur Rohman, and Istamar Syamsuri. 2016. “Sistem Pengelolaan Dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate” 4 (2).

Fajar Wibisono, Arif, and Piana Dewi. 2014. “SOSIALISASI BAHAYA MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN DAN MENENTUKAN LOKASI TPA DI DUSUN DELES DESA JAGONAYAN KECAMATAN NGABLAK” 3 (1).

Pengelolaan, Analisis, Persampahan Perkotaan, Sudi Kasus Pada, Kelurahan Boya,

Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, and Mohamad Rizal. n.d. “Ek SIPIL MESIN ARSITEKTUR ELEKTRO.”

Rahmawati, Lusia, and Handika Setya. n.d. “Titen: Jurnal Pengabdian Masyarakat PENDAMPINGAN MASYARAKAT DESA GONDANG DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR.”

https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1322.

Riswan, Henna Rya Sunoko, and Agus Hadiyanto. 2015. “Kesadaran Lingkungan.” Jurnal Ilmu Lingkungan 9 (1): 31–39. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmulingkungan/article/view/2085.

Suyoto, Bagong. 2008. Rumah Tangga Peduli Lingkungan. Jakarta: Prima Media.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

fathurrachman, mochamad ilhami, Amri, A. A., & Hidayat, F. A. F. . (2023). Urgensi Pemahaman Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah di Desa Kotasari : Urgensi Pemahaman Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah di Desa Kotasari . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 386–394. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3854