Seminar Growth Mindset Untuk Mewujudkan Generasi Muda Yang Sadar Akan Pentingnya Pendidikan Di SMP YAS Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Nida Salma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raufik Mauluddani
  • Siti Maryam Mutoharoh

Keywords:

KKN, seminar, pendidikan, cicangkanggirang.

Abstract

Pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses yang membantu seseorang mengembangkan potensi dirinya agar mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Melihat situasi pendidikan masyarakat di Desa Cicangkanggirang saat ini, masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya pendidikan karena terhalang beberapa aspek, mulai dari kekhawatiran masyarakat mengenai biaya hingga budaya  orang tua yang membuat anak-anak mereka beranggapan bahwa pendidikan  tidak begitu penting untuk masa depan. Berdasarkan pengamatan kami, banyak masyarakat yang memilih  bekerja di usia yang masih sangat muda, bahkan harus putus sekolah. Dengan demikian, penyelenggaraan program seminar growth mindset bertujuan untuk memacu pemikiran masyarakar dan memotivasi mereka untuk menggali potensi  pendidikan formal maupun informal. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan agar masyarakat dapat menemukan dan mengembangkan potensi yang dimilikinya hingga mampu memberikan dampak positif terhadap lingkungan desa Cicangkanggirang.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Asmiati, A., Sumardi, L., Ismail, M., & Alqadri, B. (2022). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat melanjutkan studi anak pada masyarakat nelayan di desa seruni mumbul kabupaten lombok timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 786-793.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Salma, N., Mauluddani, R. ., & Mutoharoh, S. M. . (2024). Seminar Growth Mindset Untuk Mewujudkan Generasi Muda Yang Sadar Akan Pentingnya Pendidikan Di SMP YAS Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 124–133. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3844

Issue

Section

Articles