Sosialisasi Konsep Bank Sampah Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah dengan Prinsip Ekonomi Sirkular di RW 04 Kampung Margaluyu Desa Sukaluyu

Authors

  • Fasa Muhamad Hapid Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fajry Faturrohman
  • Andika Rizky Dwiyanto
  • Dinda Salsabilla Noegroho
  • Lisnawati Dewi

Keywords:

Sukaluyu, Pemberdayaan, Pengelolaan Sampah, Bank Sampah, Ekonomi Sirkular

Abstract

Pengelolaan Sampah saat ini adalah suatu permasalahan lingkungan yang merupakan permasalahan bersama yang harus dicari solusi konkritnya. Bank Sampah menjadi salah satu solusi alternatif berkaitan tumpukan sampah, konsep ini secara nyata berdampak baik pada lingkungan juga melibatkan masyarakat secara langsung. Konsep ini secara nyata melibatkan masyarakat pada proses pelaksanaan juga membentuk pola pandang masyarakat terhadap pengelolaan sampah juga memberi dampak ekonomi melalui konsep ekonomi sirkularnya. Penelitian ini mengacu pada tahapan KKN SISDAMAS MB dalam prosesnya, dan salah satu program yang dibawa adalah pengenalan konsep Bank Sampah, penulis menganalis bahwa dari adanya program bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah terutama pada warga lingkungan RW 04 Kampung Margaluyu Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Pengenalan program bank sampah yang bekerja sama dengan masyarakat dan pihak eksternal yang berpengalaman untuk masyarakat ini sesuai juga dengan tujuan KKN SISDMAS MB yakni pemberdayaan yang melibatkan masyarakat, yang salah satunya adalah dari sisi lingkungan dan ekonomi.

References

Amaliah, Tri Handayani, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, and Universitas Negeri Gorontalo. “Edukasi Penanganan Sampah Di Pantai Wisata Desa Botutonuo” 02, no. 2018 (2023).

Annur, Cindy Mutia. “RI Hasilkan 19 Juta Ton Timbulan Sampah Pada 2022, Mayoritas Sisa Makanan.” KataData, 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/09/ri-hasilkan-19-juta-ton-timbulan-sampah-pada-2022-mayoritas-sisa-makanan.

Bandung, LP2M UIN Sunan Gunung Djati. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama, 2023.

Desa, Taruna, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Shanti Darmastuti, Intan Putri Cahyani, and Syarif Ali. “Pendekatan Circular Economy Dalam Pengelolaan Sampah Plastik” 1, no. 2 (2020): 1–18.

Dobiki, Joflius. “Analisis Ketersedian Prasarana Persampahan Di Pulau Kumo Dan Pulau Kakara Di Kabupaten Halmahera Utara.” Jurnal Spasial Volume 5, no. 2 (2018): 220–28.

Lukihardianti, Arie. “Jadi Persoalan Pelik, Jabar Hasilkan 24 Ribu Ton Sampah Sehari.” Republika Jabar, 2023. https://rejabar.republika.co.id/berita/r8f1k4396/jadi-persoalan-pelik-jabar-hasilkan-24-ribu-ton-sampah-sehari.

Ripaldi, Dikdik. “Menumpuk, Timbunan Sampah Di Kabupaten Bandung Capai 1.500 Ton per Hari.” Liputan6.com, 2023. https://www.liputan6.com/regional/read/5288505/menumpuk-timbunan-sampah-di-kabupaten-bandung-capai-1500-ton-per-hari.

Selomo, Makmur, Agus Bintara Birawida, Anwar Mallongi, and Muammar. “BANK SAMPAH SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PENANGANAN SAMPAH DI KOTA MAKASSAR.” Jurnal Mkmi 12, no. 4 (2016): 232–40.

Downloads

Published

2023-09-16

How to Cite

Muhamad Hapid, F., Faturrohman, F., Rizky Dwiyanto, A., Salsabilla Noegroho, D., & Dewi, L. (2023). Sosialisasi Konsep Bank Sampah Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah dengan Prinsip Ekonomi Sirkular di RW 04 Kampung Margaluyu Desa Sukaluyu . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 196–207. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3814