Analisis Pengaruh Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Di Desa Sugihmukti

Authors

  • Siva Nurlatifah Siva Nurlatifah UIN BANDUNG
  • Fadila Tsani Salsabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ardi Tri Susanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farza Zidannul Fadly UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tarisa Kornelia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Toneng Listiani

Keywords:

KKN 170, Desa Sugihmukti,sektor pertanian, pertumbuhan ekonomi.

Abstract

Pertanian dan perkebunan merupakan salah sektor yang memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan perekonomian dan ketahanan pangan di Indonesia. Desa Sugihmukti menjadi salah satu wilayah yang memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat melalui sektor pertaniannya. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Desa Sugihmukti, Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan ialah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertanian memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi desa, dengan kontribusi signifikan terhadap pendapatan rumah tangga. Selain itu, sektor pertanian juga berperan penting dalam penyediaan lapangan kerja dan ketahanan pangan lokal. Namun, tantangan seperti perubahan iklim dan modernisasi pertanian juga berpotensi mempengaruhi sektor pertanian di masa depan. Sehingga berkaitan dengan pengembangan sektor pertanian di Desa Sugihmukti diperlukan kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga penelitian, petani, dan masyarakat lokal. Dengan pendekatan berkelanjutan, teknologi pertanian modern,diversifikasi sumber pendapatan dan pengembangan jaringan distribusi, sektor pertanian dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, ketahanan pangan, serta kesejahteraan masyarakat di Desa Sugihmukti.

Kata Kunci: Desa Sugihmukti,sektor pertanian, pertumbuhan ekonomi.

 

References

Guspeneldi, A. (2017). Problematika penerapan otonomi daerah di Batam. Journal of Law and Policy Transformation, 2(1), 28-48.

Holle, M. H. (2020). Inklusi keuangan; solusi pengentasan kemiskinan guna daya saing perekonomian bangsa. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(02).

Kusumaningrum, S. I. (2019). Pemanfaatan sektor pertanian sebagai penunjang pertumbuhan perekonomian indonesia. Transaksi, 11(1), 80-89.

Kurniawan, R., & Puspitasari, N. (2019). Diversifikasi Tanaman dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian Desa: Studi Kasus di Desa Sugihmukti. Jurnal Pertanian Terapan, 5(2), 115-126.

Setiawan, A., & Haryanto, T. (2018). Peran Inovasi Pertanian dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Perekonomian Desa: Kasus di Desa Sugihmukti. Jurnal Penelitian Pertanian Modern, 10(1), 34-45.

Sudaryanto, T., & Wibowo, S. (2020). Analisis Pertumbuhan Sektor Pertanian dan Dampaknya terhadap Perekonomian di Wilayah Perdesaan. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(1), 21-32.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Siva Nurlatifah, S. N., Salsabila, F. T., Susanto, A. T., Fadly, F. Z., Kornelia, T. ., & Toneng Listiani. (2024). Analisis Pengaruh Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Di Desa Sugihmukti. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3795

Issue

Section

Articles