Pemanfaatan Ruang Belajar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mengaji di Dusun Kalapa

Authors

  • Firda Widia Agustina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Anugrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Ruang Belajar, Dusun Kalapa

Abstract

Pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak yang signifikan dalam segala bidang. Termasuk dalam bidang pendidikan juga menjadi salah satu bidang yang terdampak besar dari adanya pandemi Covid-19 ini. Sehingga pemerintah harus bertindak dengan mengeluarkan beberapa kebijakan baru sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona. Bukan hanya proses pembelajaran dipendidikan formal yang terkena dampak pandemi Covid-19 tapi pendidikan nonformal pun mengalami dampak dari pandemi ini, salah satunya MD  yang berada di desa Sindanglaya yang  memiliki dua ruangan kelas pembelajaran yang bisa menampung 30 santri dan santriwati per kelas. Namun demikian situasi global saat ini yang menuntut pembelajaran dari rumah akibat pandemi Covid-19 juga menjadi faktor terhambatnya proses belajar dan mengajar di MD Atsarul Waqifin. Sehingga muncul banyak keluhan dari orang tua kurang bisa mendidik anak belajar mengaji dirumah. Orang tua cenderung lebih percaya jika anak-anak mereka dididik oleh guru profesional. Pemanfaatan Ruang Belajar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mengaji Di Dusun Kalapa ini berfokus kepada memanfaatan ruang belajar untuk lebih memotifasi anak-anak untuk semakin rajin belajar mengaji. Menciptakan ruang belajar yang aman nyaman untuk pembelajaran dengan menggunakan protokol kesehatan  yang tujuannya untuk membantu anak-anak yang ada di dusun kalapa tetap melaksanakan pembelajaran meskipun di saat pandemi seperti ini. Dikarenakan tidak semua anak memiliki smartphone, kuota untuk akses internet yang baik, dan juga keluhan dari orang tua yang kurang bisa mendidik anak belajar mengaji dirumah.

References

Hasanah, N., & Hamdan, A. M. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) . Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat , 71-72.

Inah, E. N. (2013). Peranan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Ta'dib, 176.

Pagarwati, L. D., & Rohman, A. (2021). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1230.

Sadrun Subhi (2021) Implementasi Pendidikan Islam

Non-Formal Pada Masa Covid-19, Di Masjid Baiturrahim Kopri Raya.

Fuji Pratami & Cipto Halomoan Ritonga (2021) Optimalisasi Rumah Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 di Mandailing Natal. Jurnal Of Community Dedication And Develovment

Siti Aliyah (2017) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Membaca Al-Quran Melalui Mind Mapping. Jurnal pendidikan islam

Rahmanto, O. D., & Charismanto, C. (2021). Analisis Teologi Kesehatan Tentang Pandemi. MASHDAR , 179.

Riska arlianda. (2021) Memperhatinkan pendidikan non-formal disaat pandemi. Diakses dari :

https://belajarapapun.com,memprihatinkan-pendidikan-nonformal-saat-pandemi/

Nur Mega Aris Saputra & Nanda Widya Muharammah (2020) Elaborasi Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Non-Formal Sebagai Wadah Self Development Di Tengah Kondisi Pandemi.

Karimun (2021) ketentuan pelaksanaan pembelajaran TPQ dan DTA masa pandemi Covid-19 diakses dari :

https://kepri.kemenag.go.id/

Putra, Arman Syah, dan Fatrilia Rasyi Radita. (2019) Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). MATAAZIR: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Widia Agustina, F. ., & Anugrah, D. . (2021). Pemanfaatan Ruang Belajar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mengaji di Dusun Kalapa. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 23–38. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/379

Issue

Section

Articles