Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Jagabaya Melalui Pemanfaatan Lahan Pertanian yang Produktif

Penulis

  • reynaldialvirizqi30 UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Leni Nur Solehah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salma Wardatuljannah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Ekonomi, Pemanfaatan Lahan, Pertanian, Produktif

Abstrak

Kekuatan Perekonomian di Indonesia ada pada sektor Pertanian. Kesuburan tanah di Indonesia menjadi salah satu keunggulan dalam mengembangkan sektor pertanian, yang pada gilirannya berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Desa Jagabaya merupakan Desa yang mempunyai lahan yang luas untuk pertanian. Potensi yang dimiliki oleh Desa Jagabaya haruslah dipertahankan demi terpenuhinya kebutuhan pangan. Namun sayangnya, Sebagian besar penduduk Desa Jagabaya bekerja sebagai karyawan di Pabrik. Hanya Sebagian kecil yang memilih untuk bertani. Permasalahan yang dihadapi di Desa Jagabaya adalah rendahnya minat masyarakat dalam memanfaatkan lahan untuk kegiatan pertanian yang produktif. Oleh karena itu, diperlukan pendampingan kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan pemanfaatan lahan secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode pemberdayaan masyarakat sebagai pendekatan untuk meningkatkan efektivitas pemanfaatan lahan. Hasil akhir dari pendampingan adalah peningkatan jumlah masyarakat yang lebih memilih memanfaatkan lahan mereka untuk kegiatan pertanian daripada menjual tanah mereka untuk pembangunan perumahan. Mengingat kondisi geografis Desa Jagabaya yang mendukung pertanian, ini dapat berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan kesejahteraan ekonomi penduduk Desa Jagabaya.

Referensi

Al-Furqaan, Muh. Adib Givari, and Ira Ryski Wahyuni. 2021. "Upaya Peningkatan Pemanfaatan Lahan Warga Desa." Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol. I (No. 69): 93-102.

Alsakinah, Arsya Aulia, and Ida Yusidah. 2021. "Pemberdayaan Sumber Daya Alam Sebagai Upaya Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Desa Kaduwulung Akibat Pandemi Covid-19." Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol. I (No. LII ): 28-49.

Aziz, Rohmanur, Putri Dhiyaul Fitriyani, Risa Handayani, and Tiara Tri Romantika. 2021. "Pemberdayaan Masyarakat Guna Meningkatkan Perekonomian Melalui Ketahanan Swasembada Pangan Di Desa Kertayasa." Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol. I (No. 16): 167-178.

Bandung, UIN Sunan Gunung Djati. 2023. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung .

Haryanto, Tri, Nur Aini, and Wagiono. 2009 . Ekonomi Pertanian. Airlangga University Press.

Karjoredjo, Sarji. 1999. Desentralisasi Pembangunan Daerah di Indonesia. Salatiga : FEUKSW.

Maliati , Nulwita , and Nirzalin . 2017. "Produktivitas Pertanian Dan Inovolusi Kesejahteraan Petani (Studi Kasus di Meunasah Pinto Aceh Utara) ." Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan 106-119.

Moniaga, Vicky R.B. 2011. "Analisis Daya Dukung Lahan Pertanian." ASE Vol. VII (No. 2 ): 61-68.

Nurbiyanti, Fina , Ilman Mutaqin, Muhammad Nugroho Erip S, Renia Diva Utami, Sipa Nur Fadilah, and Edi Mulyana. 2021. "Upaya Meningkatkan Ekonomi Petani Cengkeh di Kp. Babakan Cimahi Desa Girimekar Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung." Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol. I (No. 27).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

reynaldialvirizqi30, Leni Nur Solehah, & Salma Wardatuljannah. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Jagabaya Melalui Pemanfaatan Lahan Pertanian yang Produktif . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3775