Transformasi Pendidikan Di Desa Cikande Melalui KKN: Pengajaran Bahasa Asing Dari Ruang Kelas Pedesaaan

Authors

  • Resi anisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdulah Safe'i UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Faza Fauziyyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shalsabila Nurani Sapari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Pembelajaran, Bahasa Inggris, Bahasa Arab

Abstract

Artikel “Transformasi Pendidikan Di Desa Cikande Melalui KKN: Pengajaran Bahasa Asing Dari Ruang Kelas Pedesaaan” merupakan salah satu output dari pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Sistem Pemberdayaan Masyarakat (KKN Sisdamas) Moderasi Beragama yang dilaksanakan dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Artikel ini memuat tentang pelaksanaan kegiatan belajar Bahasa asing berupa Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, yang berasal dari inisiasi divisi pendidikan kelompok KKN 193 di Desa Cikande, Dusun 1, Kampung Cilesang. Adapun kegiatan ini merupakan upaya untuk mengenalkan bahasa asing kepada anak-anak di Kampung Cilesang, karena adanya perubahan kurikulum pada Sekolah Dasar, yang membuat Mata Pelajaran Bahasa Inggris tidak diajarkan di Sekolah Dasar, juga pengenalan Bahasa Arab kepada anak-anak di Kampung Cilesang. Tujuan dari adanya artikel ini yaitu untuk memperlihatkan bagaimana efek dari dihapusnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar, yaitu anak-anak menjadi asing dengan kosa kata Bahasa Inggris, dan juga masih asing dengan kosa kata Bahasa Arab. Metodologi yang dipakai penulis dalam pembuatan artikel jurnal ini ialah memakai metode kualitatif dan adanya observasi langsung melalui diadakannya kegiatan les privat yang diadakan di posko kelompok 193. Adapun hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa anak-anak di Kampung Cilesang masih asing dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan les privat ini diharapkan anak-anak dapat mengenal setidaknya sedikit kosa kata dari Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

References

Anna, J. (2022, September Sabtu). adjar.id. Diambil kembali dari adjar.grid.id: https://adjar.grid.id/amp/543471065/hak-dan-kewajiban-dalam-bidang-pendidikan?page=2

Maili, S. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23–28.

Mukhlisoh, E. (2022, November Minggu). Kumparan. Diambil kembali dari kumparan.com: https://kumparan.com/elis-mukhlisoh/perubahan-kurikulum-dan-dampaknya-pada-pendidikan-1zEdlssOdrq

Nisa, I. F. (2020). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.

Pristiwanti Desi, d. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7912.

Yogi, A. (t.thn.). Pentingnya Pendidikan . Academia, 2-3.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Resi anisa, Abdulah Safe’i, Faza Fauziyyah, & Shalsabila Nurani Sapari. (2024). Transformasi Pendidikan Di Desa Cikande Melalui KKN: Pengajaran Bahasa Asing Dari Ruang Kelas Pedesaaan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9), 15–25. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3770

Issue

Section

Articles