Meningkatkan Kesadaran Tentang Bahaya Sampah Plastik Dikalangan Siswa Desa Tanjungjaya (MI Sukatengah dan SDN 3 Rancairung)

Penulis

  • Dian Safitri SAFITRI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Afifah Nurinayah
  • Siti Nurhayati
  • Zaenal Muftie

Kata Kunci:

Kampung sukatengah, pengabdian KKN, sosialisasi, masyarakat

Abstrak

Abstrak

Sampah plastik adalah bahan bekas plastik yang sudah tidak terpakai, karena banyaknya penggunaan plastik oleh manusia dan masih banyak manusia yang tidak sadar akan bahayanya platik untuk kesehatan dan lingkungan. Kegiatan pengabdian ini di latar belakangi dari banyaknya fenomena alam yang banyak didasari oleh sampah ialah salah satunya banjir. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dalam menumbuhkan wawasan guna menjaga dan melestarikan lingkungan yang di mulai sejak dini. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dimana peneliti terlibat langsung dalam proses pemberdayaan sejak dini di desa Tanjungjaya khususnya di kampung sukatengah dan juga kampung rancaririp, kecamatan Cihampelas, kabupaten bandung barat, dengan mengadakan kegiatan sosialisasi, diskusi, dan juga edukasi. Hasil dari kegiatan ini adalah menghidupkan kembali kesadaran akan pentingnya membuang sampah kepada tempatnya, juga pemisahan dan pengolahan sampah daur ulang. Guna mengaktifkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang di mulai sejak dini, kami menginisiasikan untuk diadakannya sosialisasi khususnya di MI Al Muslimin Sukatengah dan SDN 3 Rancairung.

Kata Kunci: Kampung sukatengah, pengabdian KKN, sosialisasi, masyarakat

Referensi

Adrian, Kevin. “Dampak Sampah Plastik Bagi Lingkungan Dan Kesehatan Manusia.” Alodokter, 2021. Dampak Sampah Plastik bagi Lingkungan dan Kesehatan Manusia.

Ann, Sarah. “Verything About Organic and Inorganic Waste.” Paulsrubbish.com.au, 2023. https://www.paulsrubbish.com.au/everything-about-organic-inorganic-waste/.

Faizin, Muhammad. “Hukum Tidak Mengelola Dan Membuang Sampah Sembarangan.” Nuonline, 2019. https://nu.or.id/nasional/ini-hukum-tidak-mengelola-dan-membuang-sampah-sembarangan-hDrnL.

Harruma, Issha. “Sanksi Pidana Buang Sampah Sembarangan.” Kompas.com. Accessed September 6, 2023. https://nasional.kompas.com/read/2023/01/19/02000011/sanksi-pidana-buang-sampah-sembarangan#:~:text=Ketentuan mengenai larangan membuang sampah sembarangan tertuang di,tidak pada tempat yang telah ditentukan dan disediakan.

Hilde Gardis C.M Boymau, Suryadin Hasyda. Monograf Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19, 2021.

Cleanipedia.com. “Pentingnya Memilih Sampah Organik Dan Non Organik,” 2019. https://www.cleanipedia.com/id/kepedulian-lingkungan/pentingnya-memilah-sampah-organik-dan-non-organik-.html.

Sofan, Amri. Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakakarya, 2015.

Yuliastanti, Dini dan Ulhaq Zuhdi. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

SAFITRI, D. S., Nurinayah, A., Nurhayati, S., & Zaenal Muftie. (2023). Meningkatkan Kesadaran Tentang Bahaya Sampah Plastik Dikalangan Siswa Desa Tanjungjaya (MI Sukatengah dan SDN 3 Rancairung). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3744