"MENINGKATKAN KESADARAN SERTIFIKASI HALAL DI KALANGAN USAHA KECIL PASIRJAMBU, KABUPATEN BANDUNG MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN"

Penulis

  • Rahmat Ramdan Nugraha Adera UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novalia Azzahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alne Fauzia Mulya UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Makanan, Sertifikasi Halal, Pasirjambu

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk sertifikasi halal produk makanan dan minuman lokal di Pasirjambu, Kabupaten Bandung, dengan melalui dukungan dalam proses sertifikasi halal. Permintaan yang semakin meningkat akan produk halal menuntut peningkatan pemahaman dan penerapan praktik halal di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pendekatan pengabdian ini melibatkan pelatihan intensif, pendampingan langsung, dan kerjasama lintas sektor. Dalam pelaksanaannya, kami menerapkan metode partisipatif dengan cara menyosialisasikan program sertifikasi halal di berbagai desa di Pasirjambu. Kami memberikan dukungan individual kepada produsen UMKM melalui kunjungan langsung ke tempat mereka. Evaluasi dilakukan dengan mengukur peningkatan pemahaman, adopsi praktik halal, dan peningkatan kualitas produk. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan pemahaman produsen tentang prinsip halal dan penerapan praktik halal dalam proses produksi. Produk yang telah mendapatkan sertifikasi halal mengalami peningkatan permintaan dari pasar. Kolaborasi dengan lembaga pendidikan tinggi juga berperan penting dalam memberikan pelatihan dan pendampingan. Secara keseluruhan, pengabdian ini berhasil memperkuat produsen makanan lokal melalui pendukungan dalam sertifikasi halal. Pendekatan yang komprehensif dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat berperan penting dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan praktik halal. Langkah-langkah ini memberikan panduan bagi pengembangan program serupa untuk mendorong pertumbuhan komunitas produsen makanan lokal yang berkelanjutan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Adera, R. R. N., Novalia Azzahra, & Alne Fauzia Mulya. (2024). "MENINGKATKAN KESADARAN SERTIFIKASI HALAL DI KALANGAN USAHA KECIL PASIRJAMBU, KABUPATEN BANDUNG MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN". PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9), 76–87. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3668

Terbitan

Bagian

Articles