A, Sanovayuga. Meningkatkan Minat Masyarakat untuk Membangun Kesadaran mengenai Pentingnya Penimbangan dan Imunisasi pada Balita di Desa Jagabaya

Authors

  • Alfida Sanovayuga Sanovayuga UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Nur
  • Alfida Sanovayuga

Keywords:

Globalisasi, KKN, Imunisasi, strategi

Abstract

Saat ini kita sedang menghadapi globalisasi ekonomi yang semakin menuntut persaingan global Oleh karena itu, masyarakat harus mempersiapkan bangsa Indonesia sebaik mungkin yang berkualitas tinggi untuk generasi berikutnya agar terencana, terpadu dan berkelanjutan. Tindakan ini harus dilakukan tepat waktu seperti saat janin masih dalam kandungan, bayi dan balita, bahkan dari usia remaja hingga dewasa sampai usia tua. Dalam melakukan kegiatan KKN ini kami melaksanakan metode pelaksanaan yang dianjurkan serta tertulis didalam juknis KKN 2023 pada bab KKN Sisdamas yang disusun oleh LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dimulai dari siklus satu sampai dengan siklus empat. Hal yang diangkat dari artikel ini adalah masalah mengenai kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin dan imunisasi di setiap tahap tumbuh kembang anak. Di tempat kelompok kami melaksanakan kegiatan KKN yaitu di desa Jagabaya, Kec. Cimaung. Diambil beberapa strategi untuk menyelesaikan permasalahan mengenai kesadaran masyarakat salah satunya dengan memberikan penjelasan kepada ibu-ibu akan pentingnya imunisasi dan memberikan informasi yang mudah di dapat oleh masyarakat

References

Aswadi, Aswadi, Sukfitriyanti Syahrir, dan Andi Syamsiah Adha. 2018. “Perilaku Ibu Terhadap Pemanfaatan Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tarakan Kecamatan Wajo Kota Makassar.” Al-Sihah: The Public Health Science Journal.

Diana, Wulan. 2019. “Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di PAUD Harapan Bunda Surabaya.” Jurnal Ilmiah: J-HESTECH 2 (1).

Kusuma, Dian Palupi, Sheizi Prista Sari, dan Ikeu Nurhidayah. 2015. “Hubungan persepsi dengan perilaku ibu membawa balita ke posyandu.” Jurnal Keperawatan Padjadjaran 3 (1).

Miskin, Swengli, Sefty Rompas, dan Amatus Yudi Ismanto. 2016. “Hubungan pengetahuan ibu dan peran kader dengan kunjungan balita di posyandu wilayah kerja puskesmas Pineleng.” Jurnal Keperawatan 4 (1).

Saepudin, Encang, Edwin Rizal, dan Agus Rusman. 2017. “Peran Posyandu sebagai pusat informasi kesehatan ibu dan anak (Posyandu roles as mothers and children health information center).” Record and library journal 3 (2): 201–8.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Sanovayuga, A. S., Nur, P., & Sanovayuga, A. . (2024). A, Sanovayuga. Meningkatkan Minat Masyarakat untuk Membangun Kesadaran mengenai Pentingnya Penimbangan dan Imunisasi pada Balita di Desa Jagabaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 35–42. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3656

Issue

Section

Articles