Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Dusun 3 Desa Pamanukan Melalui Pendaftaran Lokasi Usaha Di Google Maps

Penulis

  • Umi Kulsum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lutfi Fahrul Rizal

Kata Kunci:

Google Maps; Peningkatan Penjualan; UMKM.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya peningkatan penjualan pada UMKM di Dusun 3 Desa Pamanukan melalui pendaftaran lokasi usaha di Google Maps. Permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM Dusun 3 Desa Pamanukan yaitu kurang luasnya jangkauan pemasaran produk dan keterbatasan para pelaku UMKM terhadap penggunaan teknologi digital dalam kegiatan usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Sisdamas (Sistem Pemberdayaan Masyarakat). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendaftaran lokasi usaha di Google Maps adalah langkah yang paling efektif untuk memperluas jangkauan pasar dalam upaya peningkatan penjualan UMKM yang ada di Dusun 3 Desa Pamanukan. Usaha yang telah didaftarkan akan memiliki peluang yang lebih besar untuk ditemukan oleh para calon pelanggan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk dan keuntungan yang didapat oleh para pelaku UMKM akan semakin bertambah. Selain itu, para pelaku UMKM juga dapat menambah pengetahuan baru mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan promosi usahanya melalui pendaftaran lokasi UMKM di Google Maps.

Referensi

Harahap, R. R., & Hidayatullah, H. (2018). SISTEM INFORMASI GOOGLE MAPS DENGAN MENGGUNAKAN VB.NET. Journal of Science and Social Research, 36-41.

Irawan, Y. (2019). Aplikasi Pemetaan Data Konsumen Aktif Menggunakan Google Maps pada PT BIG TV Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer, 107-112.

Purwana, R. S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol 1, No 1, 1-17.

Wardhana, A. (2018). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKM Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dewantara, Volume 1, Nomor 2, 62-76

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Umi Kulsum, & Lutfi Fahrul Rizal. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Dusun 3 Desa Pamanukan Melalui Pendaftaran Lokasi Usaha Di Google Maps. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3646