Strategi Pemberdayaan Lingkungan Demi Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian Warga Rw 09 Dusun Panundaan Melalui Program Sosialisasi Lingkungan dalam Pemilahan Sampah menggunakan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Authors

  • Reza Fajriatul Haq Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shifa Mutia Fauziah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sindi Aulia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ariandito Hilmy Maulana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Rayyan Vergiantoro Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Sampah, Konsep 3R, Masyarakat

Abstract

Lingkungan merupakan aset berharga yang harus dijaga dan dilestarikan untuk keberlanjutan kehidupan manusia dan ekosistem di sekitarnya. Namun, meningkatnya jumlah sampah menjadi masalah serius yang mengancam kelestarian lingkungan kita. Pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) muncul sebagai strategi yang dapat memberdayakan masyarakat dalam mengelola sampah dengan lebih berkelanjutan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga Desa Panundaan khususnya di RW 09 terhadap masalah lingkungan, khususnya sampah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi dan Sisdamas (sistem pemberdayaan masyarakat).Penelitian ini menemukan bahwa warga Desa Panundaan belum sepenuhnya memahami konsep 3R. Hal ini terlihat dari masih banyaknya sampah yang dibuang sembarangan dan tidak dipilah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap masalah lingkungan, khususnya sampah.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui sosialisasi lingkungan dengan menggunakan metode 3R. Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman warga tentang konsep 3R dan mendorong mereka untuk mengadopsinya dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2023-09-14

How to Cite

Haq, R. F., Fauziah, S. M. ., Aulia, S., Maulana, A. H. ., & Vergiantoro, M. R. (2023). Strategi Pemberdayaan Lingkungan Demi Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian Warga Rw 09 Dusun Panundaan Melalui Program Sosialisasi Lingkungan dalam Pemilahan Sampah menggunakan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 172–184. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3644