Implementasi Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Batukasur Desa Panundaan

Penulis

  • Ananda Firda Zakiah Zahrotul Jannah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Auliya Annisa
  • Evi Rosmawati
  • Rossi Dwita Pertianti
  • Siti Khoerunnisa

Kata Kunci:

ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction), Motivasi, Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai implementasi model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam konteks meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Batukasur, Desa Panundaan. Model ARCS ini menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang memprioritaskan empat komponen yaitu Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Komponen Attention bertujuan untuk menarik perhatian siswa, Relevance untuk menunjukkan relevansi materi dengan kehidupan siswa, Confidence untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, dan Satisfaction untuk memberikan kepuasan pada siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran MTK. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan PPKN. Dalam konteks SDN Batukasur Desa Panundaan, implementasi model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Komponen Attention dapat dilakukan dengan memberikan pengalaman belajar yang menarik, Relevance dengan mengaitkan materi dengan kehidupan siswa, Confidence dengan memberikan umpan balik positif pada siswa, dan Satisfaction dengan memberikan penghargaan pada siswa yang berhasil. Dengan demikian, implementasi model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Batukasur Desa Panundaan.

Referensi

Bibit Lutfi Pratiwi, Y. K. (2018). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Strategi Motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018). Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), Vol.11 No. 2.

Desi Ratnasari. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction (ARCS) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Kelas V SDN 1 Kedungkandang. Skripsi. Raden Intan State Islamic University Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/4253/1/SKRIPSI%20DESI.pdf

Feby Qurrotul Ainy. (2016). Implementasi Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Tsana. Tesis. Universitas Islam Khasanah Surakarta. http://digilib.uinkhas.ac.id/26235/1/FEBY%20QURROTUL%20AINY%20T20161234.pdf

Hasbullah, I. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ina Magdalena, C. D. (2023). Penggunaan Model ARCS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. TSAQOFAH Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 3, No. 3.

Ni Putu Ayu Sri Wahyuni. (2016). Pengaruh Strategi ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/viewFile/1334/1034

Nurul Hidayah. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs YPP Guppi Pisang Baru. Skripsi. Raden Intan State Islamic University Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/14046/1/cover%20bab%201-2%20dapus.pdf

Pidarta, M. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rifda Alfiyana, S. S. (2018). Pengaruh Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan Metode Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Makanan. Journal of Biology Education.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali

Siti Nur Ainiyah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Kedungkandang. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 1-8. https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/3041/962?download=pdf

Sri Wahyuni. (2018). Implementasi Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Cikarang Selatan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 1-10. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/download/34990/14915

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Zahrotul Jannah, A. F. Z., Annisa, A., Rosmawati, E., Pertianti, R. D. ., & Khoerunnisa, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Batukasur Desa Panundaan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9), 88–98. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3629

Terbitan

Bagian

Articles