Pentingnya Orang Tua dan Guru Bersinergi dalam Membangun Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa SDN 02 Desa Cikalong

Penulis

  • Dikha Puspitasari Zakiyya Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Jalaludin
  • Shelli Zein

Kata Kunci:

Minat Belajar, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pentingnya kerjasama antara orang tua dan guru dalam upaya membangun minat belajar dan motivasi belajar siswa di SDN 2 Cikalong. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana kerjasama antara orang tua dan guru dapat berkontribusi dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang efektif antara orang tua dan guru memiliki dampak positif pada perkembangan minat belajar siswa, seiring dengan peningkatan motivasi mereka. Faktor-faktor seperti komunikasi terbuka antara orang tua dan guru, partisipasi aktif orang tua dalam kegiatan pendidikan, serta penanganan personal yang diberikan oleh guru kepada siswa, semuanya berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang merangsang dan mendukung. Oleh karena itu, membangun kerjasama yang kuat antara orang tua dan guru menjadi kunci dalam memfasilitasi perkembangan optimal minat belajar dan motivasi siswa di tingkat SD.

 

Referensi

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105-117.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal AlTaujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90-100.

Fiteriani, I. (2015). Membudayakan iklim semangat belajar pada siswa sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115-25.

Handayani, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15-26.

Latifah, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak Sekolah Dasar: Masalah dan perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.

Mulyani, S. E. (2021). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dari Rumah Siswa Kelas IV SDN 3 Papringan Kudus (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Sulasmi, S. (2009). Peran variabel perilaku belajar inovatif, intensitas kerjasama kelompok, kebersamaan visi dan rasa saling percaya dalam membentuk kualitas sinergi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 13(2), 219237.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Puspitasari Zakiyya, D., Jalaludin, M., & Zein, S. . (2023). Pentingnya Orang Tua dan Guru Bersinergi dalam Membangun Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa SDN 02 Desa Cikalong. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 45–57. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3625