Pemberdayaan Masyarakat di Desa Cangkuang Kabupaten Bandung mengenai Inovasi Kegiatan Sosial dan Ekonomi

Penulis

  • Radinka Suci Tamami Jaya UIN SUNAN GUNUNG DJATI
  • Angel Judhita Sulaeman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amalia Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhiyaa Hanaan Annisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salma Nuraini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Najmudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN, Kesejahteraan sosial, Pemberdayaan Masyarakat, UMKM

Abstrak

Program pengabdian masyarakat KKN ini berfokus terhadap perkembangan dan permasalahan sosial serta ekonomi yang terjadi di Desa Cangkuang. Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat dengan memberikan pemahaman terkait pendampingan pada korban KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga) baik secara kesehatan mental atau pendampingan dalam proses hukum serta memberikan wawasan kepada masyarakat terkait cara meningkatkan daya saing dalam sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Masyarakat) dalam bentuk sosialisasi secara kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasilnya UMKM Desa Cangkuang dapat lebih unggul dengan pendataan yang bisa diakses melalui website yang dibuat, dan masyarakat luas bisa lebih mudah untuk melihat produk hasil UMKM di Desa Cangkuang. Di samping itu, masyarakat menjadi paham akan proses pendampingan dan penangan khusus secara kesehatan mental maupun proses hukum bagi korban KDRT.

Referensi

M. J. Maspaitella, Nancy Rahakbauwi., (2014) PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENDEKATAN PEKERJA SOSIAL.

Mochamad Reza Rahman., Muhammad Rizki Oktavianto., Paulinus., Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia Abdul Rahman.

UUD No 23 Tahun 2004 pasal 1 ayat 1 tentang PKDRT.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Tamami Jaya, R. S., Sulaeman, A. J., Putri, A., Annisa, D. H. ., Nuraini, S., & Najmudin, D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat di Desa Cangkuang Kabupaten Bandung mengenai Inovasi Kegiatan Sosial dan Ekonomi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3617