Mendorong Kesadaran Lingkungan Anak-anak SDN Nanggerang Melalui Program Ecobrick

Penulis

  • Alisya Darmayanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochammad Fazri Amran
  • Selviana Adhitama UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irfan Addriadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kesadaran, lingkungan, Sampah plastik, Ecobrick, Sekolah Dasar.

Abstrak

Kesadaran lingkungan dan permasalahan sampah plastik menjadi fokus penting era saat ini. Artikel ini mengurangi upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengurangi masalah sampah plastik. Pendidikan lingkungan di kalangan anak-anak dianggap penting untuk membentuk pemahaman dan perilaku berkelanjutan. Metode ecobrick digunakan sebagai alat pengelolaan sampah plastik dengan melibatkan siswa kelas empat, kelas lima, dan kelas enam di SDN Nanggerang. Metodologi yang digunakan yakni metode fenomenologi dengan pendekatan sisdamas untuk memeriksa lingkungan. Mereka diberi instruksi dan kemudian membuat ecobrick sendiri. Hasilnya adalah modul yang dapat digunakan sebagai meja atau kursi. Pelatihan ini berhasil karena materi yang diberikan membuka mata siswa tentang ekobrik, pendekatan pelatihan yang efektif, dan lingkungan yang mendorong siswa untuk berpartisipasi. Maka program ecobrick ini penting dilaksanakan agar dapat mengurangi sampah anorganik yang ada di lingkungan sekolah.

Kata Kunci: Kesadaran, lingkungan, Sampah plastik, Ecobrick, Sekolah Dasar.

Referensi

Arlin, A. F. P., & Mulyani, H. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Pemberdayaan Pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Mukhlisin. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 71-81.

Fauzi, M., Sumiarsih, E., Adriman, Rusliadi, Hasibuan, I. F., Fista, A., & Hermawita, A. (2019). Ecobrick Solusi Sampah Plastik Masa Kini. Riau (ID): UR Press

Gumelar, A. A., Faozan, F. M., Nugraha, M. A., Amelia, T., Apipah, Y., & Ridwanullah, A. I. (2021). Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 31-39.

Merliana. (N.D.). Ecobrick Solusi Cerdas Dan Praktis Untuk Pengelolaan Sampah Plastik. Osf, 4-5.

Pitasari, D. N. (2023). Edukasi Pengelolaan Sampah Melalui Ecobrick. Jurnal Pengabdian Vokasi(Japesi), 28.

Suriani, M., Islama, D., Rahmi, M. M., Rahmayanti, F., Najmi, N., & Diana, F. (2022). EDUKASI ECOBRICK SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN SAMPAH PLASTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 6 MEULABOH, ACEH BARAT. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 1192-1199.

https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Alisya Darmayanti, Mochammad Fazri Amran, Selviana Adhitama, & Irfan Addriadi. (2023). Mendorong Kesadaran Lingkungan Anak-anak SDN Nanggerang Melalui Program Ecobrick. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3613