Upaya Penyelamatan Informasi Melalui Proses Digitalisasi Arsip Iuran Pembangunan Daerah Pada Tahun 1984-1986 Di Desa Nagrak

Authors

  • Eryna Syahadatina Alibtila Badar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Witrin Gamayanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Digitalisasi, Iuran Pendapatan Daerah, Penyelamatan Informasi

Abstract

Desa Nagrak merupakan salah satu Desa dari lima Desa yang berada di Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur. Memiliki luas wilayah 422 Ha, luas wilayah pertanahan tersebut dimiliki oleh berbagai kalangan baik individu maupun kelompok. Salah satu buku registrasi pertanahan yang dimiliki oleh Desa Nagrak adalah buku jurnal pemasukan iuran pembangunan daerah tahun 1984-1986. Namun jurnal tersebut sudah mengalami pelapukan, sehingga sangat beresiko jika digunakan terus menerus secara manual. Terkait dengan hal tersebut maka permaslahan yang sering terjadi adalah bagaimana cara melakukan alih media kebentuk media baru sehingga dapat memudahkan pencarian data ketika dibutuhkan. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya penyelamatan informasi iuran pembangunan daerah di Desa nagrak. Melalui artikel ini diharapkan dapat memberikan informasi baru mengenai proses elektronik arsip. Hasil dari pengabdian dan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses digitalisasi arsip iuran pembangunan daerah pada tahun 1984-1986 di Desa nagrak terdiri dari menyiapkan arsip, proses scanning menggunakan scanner, selanjutnya tahap editing berupa pengetikan ulang, dan tahap uploading data pada google workspace. Pelaksanaan proses digitalisasi ini untuk mengamankan, menyelamatkan, dan melestarikan informasi baik secara fisik dan isinya sehingga dapat digunakan dimasa yang akan datang. Hambatan dalam proses digitalisasi arsip IPEDA adalah kurang memadainya sarana dan prasarana, keterbatasan sumber daya manusia serta tidak adanya SOP (Standar Operasional Prosedur) sebagai acuan pelaksanaan kegiatan pendigitalisasian tersebut. 

 

References

BPK RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 43 Tahun 2009. Tentang Kearsipan. Badang Pemerikasa Keuangan Republik Indonesia. 23 Oktober 2009.

Liputan 6. 2020. Letter C. diakses di https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/letter-c/#:~:text=Pengertian%20Letter%20C%20 (Diakses tanggal 8 September 2021).

Nanda Afini. 2019. Skripsi Digitalisasi Arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Untuk jaringan Informasi Kearsipan nasional (JIKN). Sumatera: Universitas Sumatera Utara.

National Archives and Recorders Administration (NARA). 2014. Strategy for Digitizing Archival Materials for Public Acces, 2015-2024. https://www.archives.gov/digitization/strategy.html (Diakses tanggal 08 September 2021).

Pendit, Putu Laxman (Ed.). 2007. Perpustakaan Digital: Sebuah Impian dan Kerja Bersama. Jakarta: Sagung Seto.

Yakin Bakhtiar Siregar. 2019. Digitalisasi Efisiensi Penyimpanan dan Aksesibilitas. Jurnal Administrasi dan Kesekretariatan. Volume 4 no.1 Maret.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Badar, E. S. A. ., & Gamayanti, W. . (2021). Upaya Penyelamatan Informasi Melalui Proses Digitalisasi Arsip Iuran Pembangunan Daerah Pada Tahun 1984-1986 Di Desa Nagrak. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(29), 59–69. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/361

Issue

Section

Articles