Aktivitas Kepedulian Terhadap Pendidikan Melalui Kegiatan Mengajar Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Nanggerang, Kecamatan Cililin

Authors

  • Berliana Yulia Prama UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Asep Suryana UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Riyazi Damariva UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Keywords:

KKN Sisdamas, Pendidikan, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Dasar utama untuk mencapai perkembangan sosial, ekonomi, dan budaya yang berkelanjutan adalah pendidikan. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh kelompok 236 Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Desa Nanggerang adalah manifestasi konkret dari kepedulian ini, menggambarkan peran pentingnya dalam mendukung pendidikan. Selama program KKN, kegiatan mengajar menjadi langkah utama dalam berkontribusi terhadap perkembangan pendidikan di SDN Nanggerang. Mahasiswa yang terlibat memilih beberapa mata pelajaran yang menjadi fokus, terutama Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa dan juga mendukung pengembangan nilai-nilai keagamaan dalam komunitas. Melalui program KKN ini, mahasiswa bukan hanya menjadi pendidik tetapi juga menjadi pembelajar. Mereka mengalami betapa pentingnya peran pendidikan dalam mengubah masa depan dan membantu membangun masyarakat yang lebih baik. Kesadaran akan pentingnya pendidikan dan pelaksanaan KKN di Desa Nanggerang adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi dan komunitas dapat memajukan pendidikan di tingkat lokal.

Kata Kunci: KKN Sisdamas, Pendidikan, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam.

References

Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Masyarakat Mandiri, Vol. 5 (2), 663-676.

Nursaadah, N. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 2 (1), 397-410.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 7 (1), 71-81.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Prama, B. Y., Suryana, A., & Damariva, R. (2023). Aktivitas Kepedulian Terhadap Pendidikan Melalui Kegiatan Mengajar Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Nanggerang, Kecamatan Cililin. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3593